SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Basis Data dan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro.

Andhika Aratida Priadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Andhika, Muladi, Hari. 2011. Perancangan Basis Data dan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro.

 

Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojo­negoro adalah sekolah negeri model terpadu yang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Bojonegoro berdasarkan SK Bupati Bojonegoro No. 188/113/ KEP/412.11/2010, 15 April 2010 yang di dalamnya terdapat 4 jenjang sekolah yang berbeda dalam pengelolaan bidang akademik yaitu, TK Negeri Model Terpadu, SD Negeri Model Terpadu, SMP Negeri Model Terpadu, dan SMA Negeri Model Terpadu. Oleh karena terdapat perbedaan dalam pengelolaan bidang akademik di sekolah-sekolah tersebut, perlu dibuat sebuah sistem informasi akademik yang dapat memadukan perbedaan tersebut.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototyping. Pada model ini hal yang harus dilakukan adalah: 1) listen to costumer, yaitu harus mendengar dan memahami apa yang diinginkan pengguna; 2) build/revise mock-up, yaitu membuat atau merevisi produk yang dibuat dan 3) customer test drive, yaitu uji coba produk  kepada calon pengguna produk. Subjek coba pada penelitian ini terdiri dari para administrator dan guru di SMT Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Setelah data uji coba berhasil didapatkan, maka dilakukan pengolahan data. Pengolahan data hasil uji coba dianalisis menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan persentase hasil uji ahli sebesar 96,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 98,57% dan hasil uji coba lapangan sebesar 98,4%. Rata-rata prosentase hasil uji coba adalah 97,67%. Dengan hasil tersebut maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: 1) Perancangan sistem informasi akademik berbasis Web dilakukan dengan menggunakan model pengembangan prototyping berdasarkan kebutuhan yang ada di SMT Bojonegoro; 2) Pembuatan sistem informasi akademik berbasis Web dilakukan dengan menggunakan Adobe® Dreamweaver®, MySQL, bahasa pemrograman PHP, Javascript, Jquery, dan HTML, serta Web Browser; 3) Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMT Bojonegoro telah memenuhi kriteria pengujian sebagai sistem informasi akademik.