SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 1 Pogalan, Kabupaten Trenggalek

Novi Dyah Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Novi Dyah. 2011. Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap  Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 1 Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono,M.T, (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:    Quantum Teaching, TGT, Motivasi dan Hasil Belajar

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Dari observasi awal disekolah, diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar yang kurang pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 1 Pogalan, khususnya siswa kelas VIIG dan VIIH. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar TIK yaitu Quantum Teaching dan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament). Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengalami perlakuan yang berbeda, mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang mengalami perlakuan yang berbeda, mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasy experimental design). Kemampuan awal siswa diperoleh dari hasil pretes. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Pogalan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dari penelitian ini hanya menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Cooperative Learning Tipe TGT dan kelas VIIH sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran CTL. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji regresi linier untuk mengetahui pengaruh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sesuai dengan hasil uji t yaitu thitung (2,486) lebih besar dari ttabel (1,671). (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sesuai dengan hasil uji t yaitu thitung (1,815) lebih besar dari ttabel (1,671). (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan model pembelajaran dengan hasil belajar sesuai dengan hasil analisis regresi sederhana yaitu Psig.( 0,001) lebih kecil dari 0,01. (4)  terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlaksanaan model pembelajaran denga hasil belajar sesuai dengan hasil analisis regresi sederhana yaitu Psig.( 0,005) lebih kecil dari 0,01.

Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran TIK dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Cooperative Learning Tipe TGT dapat diterapkan dalam proses pembelajaran TIK dan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.