SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pokok Bahasan Budidaya Jamur Tiram Pada Siswa SMK Negeri 1 Tulungagung Program Keahlian Pertanian

Qurrotul Fuaddiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fuaddiyah, Qurrotul. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learnig Pokok Bahasan Budidaya Jamur Tiram Pada Siswa SMK Negeri 1 Tulungagung Program Keahlian Pertanian . Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.ST., M.Pd. (II) Sujito, S.T., M.T.

 

Kata kunci: e-learning pokok bahasan budidaya jamur tiram pada siswa SMK Jurusan Pertanian.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan yang dilakukan oleh Abidin dan Sadiman, karena sesuai dengan tahapan pengembangan media pembelajaran budidaya jamur tiram dan kemudahan dalam kegiatan validasi (konsultasi ahli media, ahli materi dan peserta didik). Model pengembangan ini terdiri dari: analisis kebutuhan, analisis tujuan, mengembangkan materi, menyusun naskah, produksi, menyusun petunjuk pemanfaatan, validasi dan revisi. Media pembelajaran yang dihasilkan memiliki fasilitas-fasilitas antara lain: modul yang berupa teks berbentuk portable document format (PDF), foto, audio-video dengan ekstensi FLV, forum diskusi, chat dan lain-lain. Sumber belajar ini dapat diakses secara online melalui internet dan modul yang disediakan dapat di- download secara langsung. Pengambilan data validasi dalam sumber belajar ini digali dengan menggunakan instrumen berupa angket yang dilakukan terhadap 3 subjek yaitu: ahli media, ahli materi dan peserta didik dari siswa SMK Jurusan Pertanian.

Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek tersebut adalah sebagai berikut: ahli media menyatakan produk ini layak dengan persentase 89%, ahli materi menyatakan produk ini layak dengan persentase 80,63%, dan peserta didik menyatakan produk ini layak dengan persentase 83,06%. perkembangan TIK, web, e-learning, budidaya jamur tiram Perkembangan TIK beberapa tahun belakangan ini berkembang pesat, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mendapatkan informasi. Perkembangan TIK juga berdampak ke segala bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka lembaga pendidikan harus mampu mengembangkan media pembelajaran secara bervariasi. Sebuah media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pembelajaran.

Di samping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu penyampaian pesan. Salah satu media pembelajaran yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi internet yang wujudnya berupa web. Informasi yang disimpan di web senantiasa dapat diperbaharui, web page mengandung bahan yang bersifat rangsangan yang tampil pada parameter fisik suatu media, dan merupakan kemampuan web page itu sendiri untuk mempertunjukkan suatu objek dalam gerak, objek dalam warna dan visualisasi yang memungkinkan terjadinya rangsangan penglihatan dan rangsangan pendengaran. Seiring dengan teknologi yang berkembang saat ini, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis