SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS X TKJ

Retno Damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Damayanti, Retno. 2011. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Kata kunci: persepsi siswa, pelaksanaan pembelajaraan, mata pelajaran produktif, SMK.

Penelitian dengan judul Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang memiliki tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap Pra KBM; (2) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kegiatan inti PBM; (3) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap Post KBM; (4) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Malang yang terletak di Jl. Veteran 17 Malang. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut di atas, maka rancangan penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang adalah 129 siswa. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebesar 40 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik sampel acak berstrata proporsional (proportional stratified random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket yang diberikan langsung kepada objek yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Persepsi siswa terhadap pra KBM, berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori baik sebesar 42,5%; (2) Persepsi siswa terhadap kegiatan inti PBM, berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori cukup sebesar 40%; (3) Persepsi siswa terhadap Post KBM, berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori cukup sebesar 32,5%; (4) Persepsi siswa terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran, berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori cukup sebesar 35%. Untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran, guru hendaknya lebih bervariasi dalam menyampaikan materi pelajarannya agar ilmu yang diberikan mudah untuk diserap oleh siswa.