SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Local Area Network (LAN) Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Malang

Ratri Cahyaning Winedhar

Abstrak


ABSTRAK

 

Winedhar, Ratri Cahyaning. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer  untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Local Area Network (LAN)   Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan  SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika  Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T. (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Hasil Belajar,

Jaringan Local Area Network (LAN), Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Penggunaan media dalam proses pembelajaran saat ini belum maksimal.  Guru masih menggunakan metode konvensional dengan bahan ajar seadanya,  tanpa adanya perancangan khusus. Penyampaian materi dibantu dengan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang didukung dengan perangkat keras jaringan yang sesuai dengan materi.  Di samping itu, Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang baru dibuka,  yaitu pada tahun 2009. Jadi penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar  di kelas belum variatif. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi  dalam mengikuti pembelajaran di kelas, sehingga pembelajaran yang disampaikan  kurang tersampaikan secara optimal dan berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa.

Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ini diharapkan dapat menciptakan  pembelajaran yang menarik, komunikatif, dapat merekonstruksi sesuatu yang abstrak  menjadi konkrit, sehingga tujuan-tujuan yang dirumuskan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian dan pengembangan  ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer,  mendeskripsikan validasi media, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah  penerapan media pada pembelajaran.

Metode pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan  R & D yang dimodifikasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk menilai media  dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa.

Hasil hasil validasi ahli materi sebelum pengembangan media menyatakan valid  dengan persentase 85.98 % pada validasi pertama dan 94.76 % pada persentase kedua;  (2) hasil validasi ahli media menyatakan media pembelajaran valid dengan persentase  94.74%; (3) validasi ahli materi setelah pengembangan media menyatakan valid  dengan persentase 84.56% pada validasi pertama dan 92.50 % pada persentase kedua;  (4) hasil validasi pada siswa menyatakan media valid dengan persentase 82.51%. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t menyatakan terdapat perbedaan  hasil belajar yang signifikan dengan rata-rata hasil kelas eksperimen 85.21dan kelas  kontrol 82.27. Perhitungan uji–t dua pihak yang telah dilakukan, diperoleh nilai thitung  sebesar 3.018 dan nilai Sig. sebesar 0,004.

Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan ini  menghasilkan media pembelajaran yang valid dan mampu meningkatkan hasil belajar  siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.