SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Intelegensi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Siswa SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010/2011

Firman Hidayah

Abstrak


ABSTRAK

Hidayah, Firman. 2011. Hubungan Intelegensi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Siswa SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T

 

Kata Kunci: intelegensi, kemandirian belajar, prestasi belajar TIK

                 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan tentang (1) Deskripsi intelegensi, kemandirian belajar dan prestasi belajar mata pelajaran TIK, (2) Signifikansi hubungan secara parsial antara intelegensi dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran TIK, dan (3) Signifikansi hubungan secara simultan antara intelegensi dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran TIK. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang, dengan sampel sebanyak 162 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda untuk mengungkap besarnya hubungan intelegensi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar TIK. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 17.0.

Penelitian ini berhasil mengungkap: (1) Intelegensi (X1) memiliki kategori rata-rata sebesar 48%, (2) Kemandirian Belajar (X2) memiliki kategori tinggi sebesar 64%, dan (3) Prestasi belajar TIK (Y) memiliki kategori sedang sebesar 57%, hasil analisis uji hipotesis: (1) Ada hubungan yang signifikan antara intelegensi dan prestasi belajar siswa. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa,  dan (3) Ada hubungan yang cukup kuat antara kedua prediktor yaitu intelegensi dan kemandirian belajar secara simultan dengan prestasi belajar TIK siswa.

Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Intelegensi siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung berada dalam dalam kriteria rata-rata, (2) kemandirian belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung berada dalam kategori tinggi, (3) prestasi belajar TIK siswa siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 cenderung dalam kategori sedang, (4) ada hubungan positif dan signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 dengan perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu  Ry1 sebesar 0,250 dengan probabilitas phitung  ≤ pstandar, yaitu 0,01 < 0,05.  (5) ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang dengan perolehan nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu  Ry2 sebesar 0,514 dengan probabilitas phitung  ≤ pstandar, yaitu 0,00 < 0,05, dan (6) ada hubungan positif dan signifikan antara kedua prediktor yaitu intelegensi dan kemandirian belajar secara simultan dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang dengan perolehan nilai koefisien korelasi ganda 2 prediktor antara Xdan X2 dengan Y yaitu  R sebesar 0,664 dan nilai Fhitung sebesar 62,584  dengan probabilitas phitung ≤ pstandar, yaitu 0,00 < 0,05.