SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF TROUBLESHOOTING DAN PERBAIKAN PC/PERIFERAL KELAS X SMKN 5 MALANG

Ika Wiyanti Unitaria Wida

Abstrak


ABSTRAK

 

Unitaria Wida, Ika Wiyanti. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Produktif Troubleshooting dan Perbaikan PC/Periferal Kelas X SMKN 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S. T., M. Kom. (II) Muhammad Jauharul Fuady, S. T., M. T.

 

Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, web, mata pelajaran produktif, troubleshooting dan perbaikan PC/periferal.

Pendidikan kejuruan, sesuai dengan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dengan penjelasan pasal 15, merupakan pendidikan menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu, sehingga tujuan khusus dari program Teknik Komputer dan Jaringan yaitu untuk menyiapkan tenaga kerja professional dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan, maupun wirausahawan dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Ketidakhadiran guru pada saat praktikum seringkali menjadi kendala tersendiri bagi siswa, sehingga seringkali siswa harus melakukan praktikum secara mandiri dengan berbantuan modul atau handout yang telah diberikan oleh guru, atau bersifat trial and error. Dampak dari hal ini adalah banyaknya jumlah kerusakan PC yang digunakan untuk praktikum, serta kerugian materiil oleh pihak sekolah. Media pembelajaran interaktif berbasis web dipilih sebagai alternatif untuk menjembatani permasalah-an tersebut karena sifatnya sebagai media yang dapat mengatasi jarak dan waktu, serta dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan pembelajaran agar dapat lebih mendalami materi troubleshooting dan perbaikan PC/periferal, sebelum melaku-kan praktikum secara riil. Media pembelajaran interaktif berbasis web diharapkan dapat mengurangi cost atau biaya kerusakan akibat trial and error pada saat praktikum.

Troubleshooting dan perbaikan PC/periferal merupakan gabungan dari 3 standar kompetensi pada mata pelajaran produktif program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, yaitu 1) mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal; 2) melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC; dan 3) melakukan perbaikan periferal, yang ditujukan bagi siswa kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Desain pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Arif S. Sadiman dengan subjek uji coba adalah siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 5 Malang. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan siswa terkait dengan kualitas media pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil belajar siswa (pre-test dan post-test) sebelum dan setelah menggunakan media pem-belajaran berbasis web yang mengacu pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang digunakan oleh SMKN 5 Malang, yaitu sebesar 7,78.

Hasil dari validasi media pembelajaran interaktif berbasis web ini adalah: 1) pada validasi ahli media diperoleh hasil 97%, sehingga media termasuk dalam kriteria valid 2) pada validasi ahli materi diperoleh hasil 81%, sehingga media termasuk dalam kriteria valid 3) pada validasi kelompok kecil dan lapangan, diperoleh hasil 88% dan 85%, sehingga media termasuk dalam kriteria valid 4) pada hasil pre-test dan post-test diperoleh peningkatan sebesar 22% sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.