SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Desain Web Antara Metode Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Direct Instruction (DI) Pada Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2010-2011

adhitia kusuma ngesti wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhani, Adhitia Kusuma Ngesti. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Desain Web Antara Metode Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Direct Instruction (DI) Pada Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sujono, M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata Kunci: metode PBL kombinasi STAD, metode Direct Instruction (DI), dan hasil belajar

Berdasarkan hasil pengamatan SMA Negeri 1 Blitar memiliki fasilitas memadai dengan kondisi laboratorium komputer yang berjumlah tiga, kelengkapan fasilitas multimedia, dan fasilitas internet yang bebas digunakan siswa secara gratis. Di dalam RPP TIK SMA Negeri 1 Blitar metode yang tertulis adalah tanya jawab, identifikasi, dan demonstrasi atau dikenal sebagai metode Direct Intruction. Sementara dewasa ini, telah berkembang mengenai student centered metode ini dicanangkan untuk menggantikan teacher centered. Metode ini kini dianggap lebih sesuai dengan kondisi masa kini yang menjadi tantangan bagi siswa untuk mampu mengambil keputusan secara efektif terhadap problematika yang dihadapinya.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah  rancangan eksperimental semu (quasy experimental design) dengan Pretest-Posttest Group Desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari  dua kelas, yaitu: kelas XI IA3 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA4 (40 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan metode PBL kombinasi STAD dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model DI (pembelajaran langsung). Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai hasil belajar secara signifikan antara siswa kelas eksperimendengan siswa kelas kontrol,  berdasarkan hasil uji-t yang memperoleh  thitung. (3,490> ttabel (1,665). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol. Diperoleh nilai rata rata hasil belajar kelas eksperimen (79,56) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (74,12).Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif dan afektif siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) kombinasi Student Team Achievement Division (STAD)dan metode Direct Instruction (DI) pada materi Desain Webpada siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Blitar Tahun Pelajaran 2010-2011.