SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar dengan Perilaku Belajar Siswa dalam Memanfaatkan Fasilitas TIK pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen

Mira Cempaka

Abstrak


ABSTRAK

 

Cempaka, Mira. 2011. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar dengan Perilaku Belajar Siswa dalam Memanfaatkan Fasilitas TIK pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen  Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T

 

Kata Kunci . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Analisa diperoleh dengan menggunakan korelasi parsial untuk mengungkap hubungan antara variabel X kompetensi pedagogik, lingkungan belajar, perilaku belajar, fasilitas TIK Perilaku belajar siswa dalam memanfaatkan fasilitas TIK merupakan perwujudan nyata dari pengalaman belajar yang telah dialami sebelumnya. Guru melalui kompetensi pedagogiknya dapat menjadi contoh dan memberikan pengalaman belajar pada siswa dalam memanfaatkan fasilitas TIK secara baik dan benar. Selain itu lingkungan belajar yang saat ini tidak pernah lepas dari fasilitas TIK juga dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa, lingkungan belajar tersebut dapat diperinci menjadi lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Hubungan: (1) kompetensi pedagogik guru (X 1) dengan perilaku belajar siswa dalam memanfaatkan fasilitas TIK (Y), (2) Lingkungan belajar (X 2) dengan perilaku belajar siswa dalam memanfaatkan fasilitas TIK (Y), dan (3) X 1 dan X2 secara simultan dengan Y. Objek penelitiannya adalah siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen dengan sampel sebesar 150 siswa dari populasi sebesar 270 siswa, yang diperoleh dari nomogram Harry King dan X 2 dengan Y, dan regresi ganda yang untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X 1 dan X2 secara simultan dengan variabel Y. Analisa data dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17.

Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel X 1 berada dalam kategori sedang sebesar 89,3%, (2) Variabel X 2 berada dalam kategori sedang sebesar 82,8%, dan (3) Variabel Y berada dalam kategori sedang sebesar 84,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Variabel X 1 berada dalam kategori sedang, (2) Variabel X 2 berada dalam kategori sedang, (3) Variabel Y berada dalam kategori sedang, (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara X 1 dengan Y, (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara X 2 dengan Y, (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara X 1 dan X2 secara simultan dengan Y.