SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 3 Malang

Vina Dwi Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Vina Dwi. 2011. Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Program Kelas Akselerasi di SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Atmadji S, M.Pd (II) Muhammad Ashar, S.T., M.T.

 

Kata Kunci:  Kelas Akselerasi, Pembelajaran TIK

Pembaharuan pendidikan dengan perubahan proses belajar mengajar, menawarkan sejumlah pembelajaran yang inovatif. Salah satunya adalah Accelerated Learning (pembelajaran dipercepat). Program ini merupakan pemberian layanan pendidikan sesuai potensi siswa yang memiliki kecerdasan dan kemampuan belajar yang tinggi. Pemberian layanan dengan memberi kesempatan peserta didik untuk menyelesaikan program regular dalam jangka waktu lebih cepat dibandingkan peserta didik lainnya. Program kelas akselerasi diharapkan mampu mengikuti perkembangan dan menjawab tantangan masa depan yang menyangkut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran TIK pada program kelas akselerasi ini belum banyak diteliti, berangkat dari hal tersebut perlu sekali untuk diteliti agar bermanfaat bagi sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan program kelas akselerasi khususnya di Sekolah Menengah Pertama. Fokus penelitian ini adalah (1) perancangan kurikulum TIK pada kelas akselerasi, (2) strategi pembelajaran TIK pada kelas akselerasi, (3) penerapan teori accelerated learning, (4) standar Proses pembelajaran TIK pada kelas akselerasi yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan Proses belajar mengajar, penilaian hasil pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi multisitus, yang berarti menggabungkan beberapa situs dalam kasus tunggal, menggabungkan subyek, latar, dan tempat, yaitu di SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 3 malang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajara TIK pada kelas akselerasi di SMP Negeri 1 malang dan SMP Negeri 3 Malang antara lain: Kurikulum yang diterapkan pada program kelas akselerasi SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 3 malang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dimodifikasi berdasarkan waktu tempuh kelas akselerasi yang hanya 2 tahun serta karakteristik siswa akselerasi. Persiapan yang telah dilakukan guru dalam memenuhi perencanaan pembelajaran antara lain menyiapkan prota, promes, silabus, RPP. Program pengayaan dibuat oleh guru mata pelajaran yang sifatnya tambahan, sedangkan untuk program remedial sendiri diberikan oleh guru untuk peserta didik yang belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan , dan sifatnya adalah perbaikan nilai. Strategi pembelajaran dirancang agar tujuan pembelajaran dicapai dengan efektif dan efisien berdasarkan karakteristik, waktu dan materi yang ditempuh siswa kelas akselerasi. Metode pembelajaran yang digunakan haruslah bervariasi. Teori accelerated learning belum diterapkan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar karena guru mata pelajaran TIK kelas akselerasi belum mengetahui tentang teori accelerated learning. Sistem penilaiana hasil belajar dilaksanakan dengan menggunakan standart Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), penetapan KKM untuk mata pelajaran TIK di SMP Negeri 1 malang sama dengan kelas regular yaitu 78, sedangkan pada SMP Negeri 3 Malang, KKM mata pelajaran TIK untuk kelas akselerasi lebih tinggi dari pada kelas regular yaitu 80.

Saran yang dapat peneliti berikan pada penelitian ini adalah kepada pihak sekolah sebaiknya perlu  untuk mengadakan workshop atau seminar kepada tenaga pendidik kelas akselerasi tentang teori Accelerated learning dan penerapannya dalam pembelajaran, hal ini agar try and error pada saat pembelajaran untuk kelas akselerasi dapat diminimalisir dan pembelajaran dikelas akselerasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan percepatan belajar dan karakteristik siswa. Kepada Guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk aktif dan kreatif sesuai dengan karakteristik siswa kelas akselerasi, serta  meningkatkan pemahaman tentang konsep Accelerated Learning dan melaksanakannya untuk meningkatkan pembelajaran TIK pada kelas akselerasi. Kepada peneliti lain, Penelitian ini dapat dijadikan sebagai pijakan awal dan bahan referensi terhadap penelitian selanjutnya. Peneliti lain dapat mengkaji lebih mendalam mengenai sub bab dari fokus penelitian ini dalam perspektif yang berbeda.