SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer interaktif untuk memahami huruf dan angka sebagai dasar penguasaan calistung pada anak usia taman kanak-kanak (TK)

christian sugiharto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugiharto. Christian 2011. Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer interaktif untuk  memahami huruf dan angka sebagai dasar penguasaan calistung pada anak usia taman kanak-kanak (TK). Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata Kunci: pengembangan media, pembelajaran berbantuan komputer

Membaca, menulis dan berhitung atau calistung memang merupakan fenomena tersendiri. Orang tua yang memiliki anak usia taman kanak-kanak (TK) khawatir anak-anaknya tidak mampu mengikuti pelajaran di sekolahnya nanti jika dari awal belum dibekali keterampilan calistung. Pengembangan yang akan dicapai adalah mengembangkan media pembelajaran agar anak-anak dapat memahami huruf dan angka sebagai dasar penguasaan calistung pada anak usia taman kanak-kanak dapat semakin meningkat. Media pembelajaran yang dihasilkan ini terdapat beberapa komponen seperti gambar, animasi, audio pendukung, sehingga diharapkan guru dan siswa dapat dengan mudah menggunakan media pembelajaran ini. Dalam penggunaannya media pembelajaran ini dapat digunakan guru untuk membantu proses pengajaran, dan belajar siswa dengan didampingi atau belajar sendiri.

Metode yang dipakai adalah metode pengembangan Borg and Gall yang berisi 10 tahap pengembangan yaitu, analisis kebutuhan, perencanaan media, pengembangan produk, uji coba perseorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan, revisi serta penyebaran dan pelaporan.

Hasil yang telah dicapai dari ahli media menunjukkan presentase 92.5 % sehingga dapat dikatakan media layak digunakan, dari ahli materi menunjukkan presentase 91.6 % sehingga dapat dikatakan media layak digunakan, dan dari siswa menunjukkan presentase 93.7 % untuk uji kelompok kecil dan 90.93 % untuk uji lapangan sehingga dapat dikatakan media layak digunakan pada pembelajaran.