SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Tutor Cerdas untuk Pembelajaran Remidial Berbasis Website

Gilang Kurniaji

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniaji, Gilang.2011.Pengembangan Sistem Tutor Cerdas untuk Pembelajaran Remidial Berbasis Website. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Muladi,S.T.,M.T, (II) Dyah Lestari,S.T.,M.Eng.

 

Kata Kunci : Sistem Tutor Cerdas, Remidial, Website

Pengajaran Remidial merupakan salah satu aspek penunjang pembelajaran dengan sistem pembelajaran tuntas (Mastery Learning).Pengajaran Remidial memberikan bantuan, penguatan dan perbaikan terhadap siswa yang belumtuntas Standar Kompetensi Materi (SKM).Namun kondisi di lapangan proses pengajaran remedial seringkal diabaikan. Proses pembelajaran dianggap sudah terwakilidenganadanyatesulang. Berkaitan dengan haltersebut, makap eneliti merasa bahwa proses pembelajaran remidiald imungkinkan untuk disubstitusi dengan teknologi komputer.

Media yang dikembangkanu ntuk mensubtitusi proses pembelajaran remedial mencakupempatfitur utama.Fiturtersebutantaral ain, 1) Diagnosis kesulitan belaja rsiswa, 2) Penyampaian materi sesuaid engan topik yang tidakdikuasais iswaserta dengan teknik penyampaian yang sesuai dengan karakteristikataukesukaansiswa, 3) Tessertabalikan terhadap proses belajar menggunakan media, serta 4) Learning Management System (LMS) untuk mempermudah dalam menyusunmateri.Sistemdikembangkandenganmengadopsisistem tutor cerdas.

Tujuan utamapenggunaanteknologi tutor cerdaske dalam media adalah untuk apatme nduplikasi peran guru dalam proses pembelajaran remedial. Media dikembangkan berbasis Website,  jadis iswad apatmengakses media inidenganmudahdanleluasa.

Media dikembangkandenganmenggunakanpendekatanpengembangan media danbahan ajar yang dikemukakanoleh PUSTEKKOM.Tahapan yang dilakuka untuk pengembangan media meliputi, perancangan, produksi, danevaluasi. Penelitian ini menggunaakan dua macam instrument. Instrumen pertama berupa kuesioner dengantipeter buka dan tertutup. Peneliti menggunakan instrument iniuntuk mendapatkan data tentang kelayakan media pembelajaran.Instrumen keduaadalahdokumentas ihasilbelajarsiswa. Instrumenini digunakan pada uji lapanganuntuk mendapatkan informasi tentangp erbedaan hasil belajardari siswa yang menggunakan media dansiswa yang tidakmenggunakan media.

Dari hasilpenelitiandanpengembangan yang dilakukandidapatkanhasil rata-rata nilaihasiluji kelayakan media olehahli media, ahlimateri, ujikelompokkecil siswadanuji kelompok besar adalah 85,60 %. Sehinggadapatdinyatakan media yang dikembangk anlayakuntuk digunakansebagai media pembelajaran berdasarkan seluruhpenilaian. Hasil ujicoba apangan menunjukkan adanya perbedaanhasilbelajarpadasiswa yang menggunakan media dan yang tidak menggunakan media sebesar 7,4poin. Jadi, siswadapatmenggunakan media untukmensubtitusi guru pada proses pembelajaran remedial.