SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Berbantuan CD Tutorial terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Modung Bangkalan

Masagung Hariyandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariyandi, Masagung. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Berbantuan CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Modung Bangkalan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Group Investigation, hasil belajar

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat perlu diupayakan guru untuk memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara optimal adalah metode pembelajaran Group Investigation (GI). GI merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode pembelajaran ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (Group Process Skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Group Investigation pada kelas eksperimen dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Ekspositori pada kelas kontrol dan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Group Investigation pada kelas eksperimen.

Penelitian eksperimen semu ini dilakukan di SMP Negeri 1 Modung Bangkalan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 128 siswa dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIa (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIb (32 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel kelompok (cluster sample). Instrumen perlakuan berupa Silabus, RPP, dan lembar unjuk kerja, sedangkan instrumen pengukuran hasil belajar meliputi angket, penilaian tes, rubrik observasi (afektif dan psikomotor), dan tugas. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan uji-t, dan respon siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran kaitannya dengan sumbangan terhadap hasil belajar dengan uji regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan hasil penelitian. Pertama, terdapat perbedaan pada hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan nilai Signifikansi (p) = 0,000 < 0,05 pada perhitungan uji beda hasil belajar. Kedua, terdapat pengaruh signifikan penerapan metode kooperatif model Group Investigation (GI) berbantuan CD tutorial terhadap hasil belajar TIK Siswa Kelas VIII pokok bahasan membuat dokumen pengolah angka sederhana pada kelompok eksperimen, dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana yang menghasilkan nilai Signifikansi (p) = 0,000 < 0,05.