SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Pada Kompetensi Dasar Instalasi Jaringan Lokal (Local Area Network) S

Rizka Prameta

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizka Prameta.2011. Pengaruh Penerapan Metode Quantum Learning Dengan  Berbantuan  Video  Pembelajaran  Untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar Kompetensi  Kejuruan  Teknik  Komputer  Dan  Jaringan  Pada  Kompetensi Dasar  Instalasi  Jaringan  Lokal  (Local  Area  Network)  Siswa  Kelas  XI  TKJ SMKN  6  Malang.  Skripsi,  Jurusan  Elektro,  Fakultas  Teknik,  Universitas Negeri  Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Slamet  Wibawanto,  M.T.(II)  Moh Rodhi Faiz, S.T, M.T.

 

Kata kunci:Quantum Learning , Video Pembelajaran, Hasil Belajar

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas XI TKJ SMK Negeri 6 Malang selama ini masih dilaksanakan dengan menggunakan metode konvensional. Pembelajaran yang hanya terpusat pada guru saja, sehingga pembelajaran hanya terjadi searah dan membuat siswa menjadi pasif, kurang kreatif, dan cepat bosan. Selain itu, kondisi jumlah siswa di SMK Negeri 6 Malang yang rata-rata mencapai 30 siswa per kelasnya membuat suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif.

Dalam pelajaran Instalasi Jaringan Lokal di SMK Negeri 6 Malang, hasil belajar siswa selama ini, masih banyak yang belum mencapai standart nilai minimum. Karena itulah diperlukan metode Quantum Learning dengan berbantuan video pembelajaran. Dengan penerapan metode pembelajaran ini, diharapkan siswa akan lebih aktif, kreatif dan belajar dengan suasana menyenangkan.

Penelitian ini dilakukan pada semester kedua tahun ajaran 2010/2011 dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi ekperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 6 Malang  dengan jumlah siswa sebanyak 180 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Data penelitan diambil dari siswa XI TKJ 1 dan XI TKJ 3 karena kedua kelas bukan merupakan kelas unggulan dan memiliki kemampuan yang sama dalam belajar. Data penelitian berupa data nilai terakhir dan prestasi belajar yang terdiri dari ranah afektif dan kognitif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol,  berdasarkan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari prestasi belajar siswa kelas kontrol. Diperoleh nilai rata rata hasil belajar kelas eksperimen (70,50) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (69,90). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dengan berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa pada materi instalasi jaringan lokal. Koefisien determinasi  R2 =  0,543  dari  perhitungan memberikan  arti  bahwa  besarnya pengaruh   metode Quantum Learning dengan berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi instalasi jarigan lokal adalah 0,543 atau 54,3% dan sisanya terdapat factor dari luar.