SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mengembangkan Media Pembelajaran Teknik Melakukan Perawatan PC (Personal Computer) Berbasis E-Learning Di SMK Darut Taqwa Purwosari

Mohamad Ali Erkam

Abstrak


ABSTRAK

 

Erkam, Mohamad, Ali. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Melakukan Perawatan PC (Personal Computer) berbasis E-Learning di SMK Darut Taqwa Purwosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T., (II) Triyanna Widyaningtyas, S.T., M.T.

 

Kata kunci : Pengembangan, Media, Pembelajaran, E-learning

SMK Darut Taqwa sebagai salah satu lembaga formal yang berkecimpung di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa merupakan lembaga formal yang berkembang sangat pesat. Meskipun baru berdiri selama 8 tahun namun sudah mampu  menampung sejumlah 700 siswa. Tetapi perkembangan tersebut masih belum didukung sepenuhnya dengan proses pembelajaran yang maksimal. Di SMK Darut Taqwa dalam menyampaian materi pembelajaran, sebagian guru masih menggunakan modul, sehingga siswa harus fotocopy atau bahkan harus mencatat. Hal ini menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning. Dengan fasilitas intranet yang ada di Yayasan Darut Taqwa, siswa yang mayoritas adalah santri pondok pesantren dapat mengakses dan mempelajari materi pada media pembelajaran e-learning dengan mudah.

Sebagai orang komputer, tentu masalah komputer akan selalu timbul ketika kita menggunakan komputer. Melakukan kesalahan pengoperasian adalah sesuatu yang biasa. Ini bisa terjadi karena kurangnya pelatihan, pengetahuan dan pengenalan terhadap komputer. Dengan perawatan preventive, kita bisa menekan permasalahan yang akan muncul seminimal mungkin.

Tujuan pengembangan pengembangan media pembelajaran secara rinci adalah: mengembangkan media pembelajaran teknik melakukan perawatan PC berbasis E-learning, dan memvalidasi media pembelajaran teknik melakukan perawatan PC berbasis E-Learning.

Pada pengembangan media pembelajaran ini, pengembang menggunakan aplikasi moodle yang dikembangkan dengan metode pengembangan Analysis Design Develop Implementation Evaluate (ADDIE) yang telah disesuaikan dengan objek penelitian. Pengembangan terlaksana dengan terlebih dahulu dilakukan kegiatan validasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba perseorangan (ahli media & ahli materi), responden/siswa kelompok kecil dan responden/siswa kelompok besar/khalayak umum (uji coba lapangan). Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari ahli media, ahli materi dan responden/siswa/ khalayak umum menggunakan teknik prosentase.

Berdasarkan uji coba/validasi media pembelajaran yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media 83,75%,(2) ahli materi 83,87%, dan (3) responden/siswa kelompok besar (lapangan) 83,87% dan 86%. Dengan demikian dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat diuji cobakan lebih luas agar nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran.

 

ABSTRACT

 

Erkam, Mohamad Ali. 2011. Development of Conducting Technique Care Learning Media PC (Personal Computer)-based E-Learning in Vocational Darut Taqwa Purwosari. Thesis, Department of Education Information Engineering, Faculty of Electrical Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs. Suwasono, MT, (II) Triyanna Widyaningtyas, ST, MT

 

Keywords: Development, Media, Learning, E-learning

SMK Darut Taqwa as one of the formal institutions engaged under the auspices of the Foundation Darut Taqwa is a formal institution that is growing very rapidly. Though the new stand for 8 years but was able to accommodate some 700 students. But these developments are still not fully supported with a maximum learning process. SMK Darut Taqwa in menyampaian learning materials, some teachers still use the module, so students have to copy or even should be noted. This has become one of the reasons for developing media-based learning e-learning. With the existing intranet facilities at the Foundation Darut Taqwa, which the majority of students are boarding students can access and learn the material in e-learning instructional media easily.

As a computer person, of the computer problems will always arise when we use computers. Making mistakes is something normal operation. This can happen due to lack of training, knowledge and introduction to computers. With preventive care, we can suppress the problems that will arise to a minimum.

Development of instructional media development objectives in detail are: to develop learning techniques perform maintenance media PC based E-learning, and validate instructional media techniques perform maintenance PC based E-Learning.

On the development of instructional media, developers using Moodle applications developed with the development of methods Analysis Design Development Implementation Evaluate (Addie), which has been adapted to the object of research. Development carried out by first conducted validation activities. The instrument of data collection using questionnaires on individual trials (expert & media matter experts), the respondents/students and small groups of respondents/large groups of students/general audiences (field trials). While the analysis of the data used to process data from media experts, matter experts and the respondents/students/general public using the technique percent.

Based on the testing/validation study conducted media obtained the following results: (1) 83.75% of media experts, (2) 83.87% matter experts, (3) and 92.5% respondents/large groups of students (Field) 83.87% and 86%. Thus stated that the developed learning media meets the criteria valid/ feasible and otherwise good overall and can be tested more widely in order to later be used in learning.