SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DENGAN PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR TIK STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN

Zakarya Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Zakarya. 2011. Perbedaan Model pembelajaran Drill And Practice dengan Pembelajaran Demonstrasi terhadap Hasil Belajar TIK Standar Kompetensi Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Kelas X SMA Islam Kepanjen. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sujono, M.T., (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

Kata kunci: model pembelajaran drill and practice, pembelajaran demonstrasi, hasil belajar, TIK

Banyak siswa mengeluh materi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sulit untuk dipahami. Sebagian menganggap TIK bukan pembelajaran yang menyenangkan karena kurang terbiasa menggunakan program dan kurang memahami materi yang dijelaskan. Dari permasalahan tersebut muncul gagasan untuk merubah paradigma siswa dengan mengoptimalkan pembelajaran TIK melalui model pembelajaran drill and practice. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa pada model pembelajaran drill and practice, mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa menggunakan pembelajaran demonstrasi, mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa pada model pembelajaran drill and practice dan pembelajaran demonstrasi.

Penelitian eksperimen nyata (true experiment) ini dilakukan di SMA Islam Kepanjen pada semester 2 tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian adalah kelas X.5 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran drill and practice. Sedangkan kelompok kontrol adalah kelas X.6 dengan pembelajaran demonstrasi. Instrumen perlakuan berupa RPP, sedangkan instrumen pengukuran hasil belajar meliputi penilaian tes, afektif, psikomotor, dan respon keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran drill and practice dengan pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa adalah uji-t.

Setelah dilakukan model pembelajaran drill and practice, diperoleh kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar 85,77, serta kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar 82,55, selain itu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol dengan thitung (3,929) > ttabel (1,9925) dan sig (p) = 0,000 < 0,05 (sangat signifikan). Maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran drill and practice dengan pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.