SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Berbasis E-Learning pada Materi Pengembangan Diri untuk SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran

Erlina Kurniawanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Peningkatan kualitas pengajaran dan kesempatan belajar di Indonesia terkendala oleh keterbatasan ruang dan waktu. Hal ini disebabkan Indonesia yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah sehingga mempersulit pelaksanaan pendidikan yang merata. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan dapat memanfaatkan salah satu teknologi jaringan belajar yang disebut online technology. Teknologi ini  sebagai alternatif pemerataan kesempatan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengakses sendiri materi atau bahan yang dibelajarkan (self contained materials) yaitu dalam bentuk e-learning. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar berbasis e-learning pada materi Pengembangan Diri untuk SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Reiser dan Mollenda yang disesuaikan dengan pengembangan sumber belajar berbasis e-learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan  diambil dari peserta didik SMK YP Tujuh Belas Selorejo-Blitar, SMK Negeri 1 Panggungrejo-Blitar dan SMK PGRI Sooko Mojokerto. Produk sumber belajar berbasis e-learning ini menggunakan software Moodle.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 87.5%, dari ahli silabus materi mendapat persentase 90.28%, dari ahli materi mendapat persentase 94.58%, dan dari responden 89.83%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis e-learning pada materi pengembangan diri untuk SMK kompetensi keahlian pemasaran dapat disimpulkan valid/layak  dan efektif digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Deseminasi sumber belajar ini dapat diterapkan pada SMK jurusan pemasaran. Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat ditambahkan materi lain baik materi tentang pengembangan diri maupun materi lain.