SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENDETEKSI PLAGIARISME DOKUMEN AKADEMIK MAHASISWA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Iva Asmaul Khusna

Abstrak


ABSTRAK

 

Praktek plagiarisme dapat  mengancam keaslian suatu dokumen akademik seperti tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi sehingga pendeteksi plagiarisme sangat dibutuhkan di lingkungan akademik terutama di lingkup universitas, salah satunya adalah Universitas Negeri Malang (UM). Universitas Negeri Malang merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi pendidikan di Indonesia yang sudah lama berdiri.  Penyimpanan dokumen akademik di UM sudah didokumentasikan dengan baik. Namun, deteksi plagiasi hanya dilakukan secara manual yaitu pada judul karya dokumen akademik.

Sistem pendeteksi plagiarisme pada dokumen akademik mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang  menerapkan information retrieval (IR) dan menggunakan model pengembangan waterfall sehingga perancangan dilakukan tahap demi tahap, mulai dari tahap kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap pengujian. Pengujian dilakukan secara perhitungan manual dan dibandingkan dengan program.

Penerapan IR pada pendeteksi plagiarisme dihasilkan perhitungan  yang mendekati asumsi. Pada dokumen yang diasumsikan tingkat kemiripan 0%, perhitungan IR (manual maupun sistem) adalah 0%. Pada dokumen yang telah diasumsikan tingkat kemiripan 75% , perhitungan IR (manual maupun sistem) adalah 83% dan 69,56%. Galat dari dokumen yang di asumsikan 75%  dengan dokumen yang telah dihitung menggunakan IR (manual maupun sistem) adalah 13.44%. Pada dokumen yang telah diasumsikan tingkat kemiripan 25%, perhitungan IR (manual maupun sistem) adalah 31% dan 29,93% . Galat dari dokumen yang di asumsikan 25%  dengan dokumen yang telah dihitung menggunakan IR (manual maupun sistem) adalah 1,07%. Pada dokumen yang telah diasumsikan tingkat kemiripan 50%, perhitungan IR (manual maupun sistem) adalah 54% - 54,31% . Kemunculan galat 0,31% dari dokumen yang di asumsikan 50%. Dokumen yang telah diasumsikan tingkat kemiripan 100%, perhitungan IR (manual maupun sistem) adalah 100% dan 95% . Kemunculan galat adalah 5%.Rata-rata galat dari dokumen yang telah diperiksa adalah 3,96%