SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode QuantumLearning dengan Strategi Team Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Membuat Aplikasi Berbasis Dekstop dengan Microsoft Visual Basic 6.0 pada Siswa Kelas X RP< di SMK Negeri 6 Malang

DIAFRAHMA .

Abstrak


ABSTRAK

 

Diafrahma.2011. Pengaruh Penerapan Metode Quantum Learning dengan Strategi Team Teaching untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Membuat Aplikasi Berbasis Dekstop dengan Microsoft Visual Basic 6.0 bagi Siswa Kelas X RPL di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd. (II) Yuni Rahmawati, S.T, M.T.

 

Kata kunci:Quantum Learning , Team Teaching, Prestasi Belajar

Proses pembelajaran yang dilaksakan di kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang selama ini masih dilaksanakan dengan menggunakan metode konvensional. Metode ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu pembelajaran yang hanya terpusat pada guru saja, sehingga pembelajaran hanya terjadi searah saja dan membuat siswa menjadi tidak aktif, kreatif, dan cepat bosan. Selain itu, kondisi jumlah siswa di SMK Negeri 6 Malang yang rata-rata mencapat 40 siswa per kelasnya membuat suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif, kelas sulit dikuasai, dan siswa tidak dapat menyerap pelajaran secara maksimal.

Standart nilai minimal dalam pelajaran Pemrograman Visual Basic di SMK Negeri 6 Malang adalah 7.00, namun dari hasil prestasi belajar siswa yang berhasil direkam selama ini, masih sangat banyak siswa yang belum mencapai standart nilai minimum. Karena itulah diperlukan perubahan pada metode dan strategi mengajar, agar pembelajaran berjalan menyenangkan, menarik, kondusif dan terarah. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diterapkanlah metode Quantum Learning dengan strategi Team Teaching. Penerapan metode pembelajaran ini, siswa akan lebih aktif, kreatif dan belajar dengan suasana menyenangkan.

Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun ajaran 2010/2011 dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi ekperimental design) tipe Nonrandomized Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL SMK Negeri 6 Malang  dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Data penelitan diambil dari siswa X RPL 4 dan X RPL 5 berupa data nilai terakhir dan prestasi belajar yang terdiri dari ranah afektif dan kognitif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai prestasi belajar secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol sebesar 7,56 poin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dengan strategi Team Teaching dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa pada materi membuat program aplikasi berbasis desktop dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Besarnya pengaruh  metode Quantum Learning dengan strategi Team Teaching terhadap prestasi belajar siswa pada materi membuat program aplikasi berbasis desktop dengan Microsoft Visual Basic 6.0 adalah 0,679 atau 67,9% dan sisanya terdapat factor dari luar.