SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Antara Metode Project Based Leaarning dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Membuat Dokumen Pengolah Kata Dengan Variasi Tabel Gambar Grafik dan Diagram...

Candra Juni Andhika

Abstrak


ABSTRAK

 

Andhika, Candra Juni. 2011. Perbedaan Antara Metode Project Based Leaarning dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Membuat Dokumen Pengolah Kata Dengan Variasi Tabel Gambar Grafik dan Diagram Di SMA BSS Brawijaya Smart School. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sujono, M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata kunci: Project Based Learning, Pembelajaran Kooperatif, TAI (Team Assisted Individualization), perbedaan, hasil belajar.

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP, SMA dan SMK. Karena itulah siswa dituntut untuk menguasai dan memahami TIK. Di SMA BSS, guru dalam pembelajarannya sering menerapkan model pembelajaran kooperatif, dengan melihat ciri-ciri pembelajarannya, guru menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Karena dalam pembelajaran guru selalu menerapkan model tersebut, oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan metode Project Based Learning pada materi membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel gambar grafik dan diagram.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui signifikan perbedaan antara metode Project Based Learning dan Pembelajaran Kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar TIK di SMA BSS Brawijaya Smart School.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pola pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA BSS Brawijaya Smart School Tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian menggunakan dua kelas dimana  teknik pengambilannya melalui purposive sam­pling. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-5 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari, variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan varia­bel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan dan  instrumen pengukuran hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Project Based Learning dan Pembelajaran Kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar TIK di SMA BSS Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig(p)=0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Project Based Learning dan Pembelajaran Kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar TIK di SMA BSS Brawijaya Smart School.