SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Minat Memasuki Dunia Kerja dan Prestasi Belajar dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XI TKJ di SMK Negeri di kota Malang

Very Sugiarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugiarto, Very. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Program Macromedia Flash 8 Pada Konsep Dasar Jaringan Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas IX SMPN 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci : Media pembelajaran dan Macromedia Flash 8

Saat ini model pembelajaran yang banyak diterapkan di sekolah dengan model pembelajaran konvensional dan metode ceramah telah bergeser kearah penggunaan layar monitor komputer, melalui sistem pembelajaran secara individual (self instruction). Dengan bantuan komputer menjadikan pembelajaran dapat terjadi kepada siapa saja, kapan, dan dimana saja. Media pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash 8 akan sangat membantu proses belajar mengajar di SMPN 2 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash 8 pada bab konsep dasar jaringan; dan (2) Memvalidasi hasil pengembangan media pembelajaran berbasis komputer program macromedia flash 8 pada bab konsep dasar jaringan. Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan sadiman (2002). Pada teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dengan melibatkan ahli media dan materi, kelompok kecil sebanyak 5 responden dan kelompok besar sebanyak 20 responden Hasil pengembangan adalah sebagai berikut: produk berupa media pembelajaran berbasis komputer, yang didalamnya terdapat tampilan home, indikator, tujuan, materi pembelajaran, test formatif, playlist, fullscreen, exit fullscreen, on/off sound, rangkuman dan evaluasi. Hasil validasi dari ahli media sebesar 93,75%, hasil validasi dari ahli materi sebesar 98,07%, dan hasil rata – rata ahli media dan materi adalah sebesar 95,91%. Hasil validasi dari kelompok kecil adalah sebesar 95,50%, yang didapat dari 5 responden. Hasil validasi dari kelompok besar adalah sebesar 97,37%, yang didapat dari 20 responden. Semua validasi mulai dari validasi ahli dan validasi siswa dinyatakan valid dengan tingkat kevalidan lebih dari 96,27%.