SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran TIK dan Tingkat Literasi Komputer terhadap Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen

Kartika Damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Damayanti, Kartika. 2011. Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran TIK dan Tingkat Literasi Komputer  terhadap Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd, (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata Kunci: Ketersediaan Media Pembelajaran TIK, Literasi Komputer, dan Prestasi Belajar TIK

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang saat ini telah masuk ke dalam dunia pendidikan, penyediaan media pembelajaran TIK sangat mendesak untuk dipenuhi, karena media TIK digunakan  sebagai alat bantu dalam penyampaian materi pembelajaran di kelas baik teori maupun praktek agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain penyediaan media, tingkat literasi tentang komputer juga harus diperhatikan, karena tanpa adanya pemahaman komputer secara mendasar kepada peserta didik, maka ketersediaan media pembelajaran TIK akan tidak maksimal dalam pemanfaatannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara simultan an­ta­ra tingkat ketersediaan media pembelajaran TIK (X1),  tingkat literasi komputer (X2) terhadap prestasi belajar TIK (Y) siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen. Penelitian menggunakan pende­katan kuantitatif, dengan rancangan penelitian des­krip­tif kore­lasional. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Proportional Random Sampling di mana dari masing-masing kelas yang diteliti diambil proporsi 30% siswa secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17.

Hasil penelitian ini adalah: (1) ketersediaan media pembelajaran TIK di SMA Negeri 1 Kepanjen cenderung berada dalam kategori tinggi sebesar 36,8%, tingkat literasi komputer cenderung dalam kategori tinggi sebesar 37,8%,dan  prestasi belajar TIK siswa cenderung berada dalam kategori tinggi sebesar 48,2%. (2) hasil korelasi antara ketersediaan media pembelajaran TIK dengan prestasi belajar TIK sebesar 0,263 dan sig=0,01 < 0,05, berarti ada hubungan signifikan antara ketersediaan media pembelajaran TIK dengan prestasi belajar TIK, (3) hasil korelasi antara tingkat literasi komputer dengan prestasi belajar TIK sebesar 0,256 dan sig=0,01 < 0,05, berarti ada hubungan signifikan antara tingkat literasi komputer  dengan prestasi belajar TIK siswa, dan (4) hasil korelasi antara ketersediaan media pembelajaran TIK dan tinigkat literasi komputer terhadap prestasi belajar TIK sebesar 0,409 dan sig=0,001 < 0,05, berarti ada hubungan secara simultan dan signifikan antara ketersediaan media pembelajaran TIK dan tingkat literasi komputer dengan prestasi belajar TIK.