SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Website, Materi Adobe Photoshop Siswa Kelas XI IPA MAN Bangil

Zamy Abdulloh Malikul Alam

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdulloh. Zamy, M.A. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Website, Materi Adobe Photoshop Siswa Kelas XI IPA MAN Bangil. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom, (2) Drs. Slamet Wibawanto, MT.

 

Kata kunci: sumber belajar, pendidikan jarak jauh, Adobe Photoshop

Teknologi Internet dapat menjadi terobosan yang efektif untuk mengatasi masalah hubungan antara guru dan peserta didik dalam mengolah informasi bahan pelajaran. Penggunaan fasilitas Internet dalam dunia pendidikan sangat besar manfaatnya, khususnya bagi kaum intelektual dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara mudah dan murah. Keberadaan sumber belajar yang terkoneksi dengan internet dapat menjadi solusi terbaik bagi guru yang mempunyai jam mengajar yang padat dan lama. Media ini juga dapat mengurangi kebosanan siswa di dalam kelas. Dengan bantuan internet, kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan tanpa batasan waktu dan tempat. Siswa maupun guru dapat mengakses media tersebut kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pembelajaran jarak jauh ini  sebagai alternatif pemerataan kesempatan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengakses sendiri materi atau bahan yang dibelajarkan.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar adobe photoshop cs2 berbasis website menggunakan software Moodle yang memiliki berbagai fitur yang menarik, efisien, interaktif, mudah dipahami oleh peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan media yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Bangil tahun pelajaran 2010-2011.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 81,8%, dari ahli materi mendapat persentase 93%, dan dari responden 90%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis website pada materi adobe photoshop dapat disimpulkan valid/layak  dan efektif digunakan sebagai sumber belajar untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengembangan sumber belajar lebih lanjut dapat ditambahkan materi lain dan dapat dikemas secara offline.