SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar E-Learning Materi Desain Grafis Berbasis Vektor Untuk Sekolah Menengah Atas

achmad subagiyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Subagiyono, Achmad. 2011. Pengembangan Sumber Belajar E-Learning Materi Desain Grafis Berbasis Vektor Untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd, Pembimbing 2. Didik Dwi Prasetya,S.T, M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan sumber belajar, desain gafis, internet.

Desain grafis merupakan salah satu bidang multimedia yang banyak mendapatkan perhatian di dunia usaha dan dunia industri, salah satu program aplikasi yang digunakan adalah CorelDRAW. Karena adanya keterbatasan pemanfaatan sumber belajar pada materi desain grafis di SMA N 1 Wates yang selama ini digunkan hanya mengacu pada media cetak (buku). Maka usaha untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pengembangan sumber belajar yang mana bisa diakses kapan saja, dimana saja tanpa adanya keterbatasan tempat, ruang dan waktu, sehingga peserta didik dapat belajar lebih mandiri. Penelitian ini akan mengembangkan sumber belajar e-learning materi desain grafis berbasis vektor untuk sekolah menengah atas

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Arif Sadiman Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Sampel uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil  diambil dari peserta didik SMA Negeri 1 Wates-Kediri. Sumber belajar yang dihasilkan berbentuk web yang terdiri dari modul berupa teks dalam format Pdf, ilustrasi gambar/foto, audio-video, dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti: forum, chat,kuis dan latihan atau penugasan. Sumber belajar menggunakan Moodle ini dapat diakses melalui internet yang dapat digunakan untuk pembelajaran baik dalam maupun di luar kelas.

Hasil uji coba kelayakan sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 89,1%, dari ahli materi mendapat persentase 92,9%, dan dari peserta didik 91,61%. Berdasarkan hasil kelayakan tersebut, sumber belajar berbasis web untuk pembelajaran e-learning materi desain grafis berbasis vektor pada SMAN 1 Wates dapat disimpulkan layak digunakan sebagai sumber belajar.