SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kepanjen

Ali Mustofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustofa, Ali. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tik Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, PBL, Hasil Belajar TIK

Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat berperan dalam keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar. Langkah yang dapat diupayakan oleh seorang guru adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan secara individu kepada siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata untuk memberikan bantuan dalam pemahaman materi agar tidak tertinggal oleh siswa lain dan memberikan motivasi agar siswa yang bersangkutan mau berusaha seperti siswa lain. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang kegiatan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), (2) Pengaruh penerapan model pembelajaran antara yang kegiatan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).

Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan teknik purposive sampling, adapun sampel penelitian adalah siswa kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen permbelajaran yaitu silabus, rpp, dan instrumen pengukuran menggunakan rubrik afektif, rubrik unjuk kerja, jobsheet, tes serta angket untuk mengukur variabel X dan variabel Y. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen adalah 84,85 dan pada kelompok kontrol adalah 80,86 serta hasil rerata respon siswa kelas eksperimen 83,14 dan 80,60 pada kelas kontrol. Data hasil belajar dari masing-masing kelas diuji hipotesis menggunakan uji-t serta data hasil belajar dan data respon siswa diuji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Dari uji-t diperoleh hasil yaitu thitung (5,152) > ttabel (2,000) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang kegiatan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)  dan model PBL, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).