SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran TIK Bagi Siswa SMAN dan MAN di Kota Mojokerto

Dhaniyar .

Abstrak


ABSTRAK

 

Dhaniyar. 2011. Efektifitas Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran TIK  Bagi Siswa SMAN dan MAN di Kota Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tri Atmadji S., M.Pd., (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T., M.T.

 

Kata Kunci :  efektifitas, internet, pembelajaran TIK

Dewasa ini berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat baik di negara-negara maju maupun negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat diabad ini adalah internet. Kehadiran internet telah memberikan perubahan secara revolusioner terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Internet hadir sebagai media yang mengintegrasikan segala media komunikasi dan informasi konvensional yang telah ada. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dalam segala kebutuhan sehari-harinya.Melihat penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih jauh dari harapan, maka kita dapat meneliti sejauh mana efektifitas penggunaan  internet dalam pelaksanaan pembelajaran TIK.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas Penggunaan Internet Dalam Pelaksanaan Pembelajaran TIK  pada SMAN dan MAN di Kota mojokerto, seberapa jauh efektifitas penggunaan internet yang dilakukan oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran TIK di Kota mojokerto, serta penggunaan internet selain untuk pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif. Pengambilan data menggunakan angket dengan metode random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu: instrument efektifitas pemanfaatan internet, efektifitas penggunaan internet untuk pembelajaran. dan  efektifitas penggunaan internet diluar pembelajaran.Subjek penelitian siswa pada SMAN dan MAN di Kota Mojokerto. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pemanfaatan internet pada SMAN dan MAN di Kota Mojokerto antara lain yaitu dari segi Waktu yang diberikan dalam menggunakan internet di sekolah, Tempat  yang digunakan akses internet, Sarana prasarana layanan akses internet, Hasil yang dicapai pemanfaatan, efektifitas penggunaan internet untuk pembelajaran, dan efektifitas penggunaan internet diluar pembelajaran TIK pada SMAN dan MAN di Kota Mojokerto, Untuk hasil efektifitas pemanfaatan internet di sekolah untuk pembelajaran diperoleh nilai rata – rata 52,55% yang dapat berfungsi sebagai media untuk menunjang tujuan belajar dan pembelajaran siswa karena internet merupakan media pendidikan yang efektif dan efisien sedangkan untuk hasil efektifitas pemanfaatan internet di sekolah selain pembelajaran diperoleh nilai rata – rata 36,94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas pemanfaatan internet di mojokerto cenderung memanfaatkan untuk pembelajaran.