SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang

Lya Tri Peni Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Peni, Lya Tri. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan CD (Compact Disc) Pembelajaran Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti GI, M.Kom, (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), CD (Compact Disc) Pembelajaran Interaktif, Prestasi Belajar.

Proses pembelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang perlu adanya inovasi metode pembelajaran yang mengarah pada peningkatan prestasi belajar. Hasil diskusi dengan guru mata pelajaran, proses pembelajaran KKPI di kelas X, ditemukan permasalahan rendahnya prestasi siswa dan siswa cenderung bosan dalam proses belajar mengajar, sehingga sering muncul kegaduhan dikelas. Siswa yang tuntas belajar pada kelas tersebut belum mencapai 80%, sehingga kelas belum mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Quasi Experimental Design, sampel yang digunakan adalah kelas X-B sebagai kelompok eksperimen  yang di ajar dengan model STAD. Instrumen yang digunakan yaitu: instrumen pembelajaran berupa silabus, RPP, kisi-kisi, dan kunci jawaban soal. Instrumen pengukuran berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Analisis statistik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen, terdiri dari uji normalitas untuk mengetahui apakah kedua sampel kelas tersebut berdistribusi normal, uji homogenitas digunakan mengetahui apakah kedua sampel kelas tersebut homogen, dan uji hipotesis dengan uji regresi linear sederhana, digunakan untuk mengetahui pengaruh antara Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan CD (Compact Disc) pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara Cooperative Learning tipe STAD berbantuan CD (Compact Disc) pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86,31 untuk kelas eksperimen. Nilai tertinggi untuk kelas eksperimen 93 sedangkan nilai terendah untuk kelas eksperimen sebesar 76. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa siswa yang diajar dengan mengunakan metode STAD memiliki nilai rata-rata tinggi. Cooperative Learning tipe STAD berbantuan CD (Compact Disc) pembelajaran interaktif memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model regresi yang didapatkan hanya mampu menjelaskan pengaruh antara Cooperative Learning tipe STAD berbantuan CD (Compact Disc) pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 79,7% dan sisanya sebesar 20,3%. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.