SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang

Anggi Maritza Rindani

Abstrak


ABSTRAK

 

Rindani, Anggi Maritza. 2011. Pengaruh  Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Mata Pelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti GI,M.Kom,. (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata Kunci: PBL, Keterampilan Proses, hasil belajar.

Proses pembelajaran KKPI di SMK Cendika Bangsa Malang memerlukan adanya inovasi metode pembelajaran yang mengarah pada peningkatan hasil belajar. Pada hasil observasi awal proses pembelajaran KKPI di kelas X, ditemukan permasalahan rendahnya kegiatan berkelompok yang cenderung hanya menyelesaikan tugas sehingga menyebabkan rendahnya keterampilan proses siswa di kelas. Hal ini terlihat dari kegiatan belajar kelompok dikelas dimana dalam  kegiatan tersebut siswa berbicara sendiri dengan teman sekelompoknya dan tugas yang diberikan guru cenderung dikerjakan oleh sebagian anggota kelompok. Sedangkan siswa yang lain menunggu dan mencontoh jawaban dari teman sekelompoknya atau mencari jawaban lain tanpa memahami tugas yang diberikan oleh guru.

Model pembelajaran PBL merupakan pendekatan pemecahan masalah yang menempatkan guru sebagai fasilitator dimana kegiatan belajar mengajar akan dititik beratkan pada keaktifan siswa dalam mengoperasikan software presentasi. Dengan pembelajaran tersebut diharapkan siswa akan lebih aktif dan hasil belajar dapat tercapai.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Ekperimen Semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X gabungan A SMK Cendika Bangsa Malang yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa perangkat pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa lembar observasi afektif, lembar observasi keterampilan proses, lembar observasi proyek, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari keterampilan proses siswa terhadap hasil belajar penerapan pembelajaran PBL pada kompetensi dasar mengoperasikan software presentasi. Nilai rata-rata pencapaian hasil belajar meningkat sebesar 80,43 dari rata-rata kemampuan awal sebesar 27,94. Pencapaian rata-rata persentase keterampilan proses siswa pun meningkat dari 59% menjadi 80%. Peningkatan keterampilan proses siswa ini termasuk dalam kriteria Baik.