SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang

Ananda Eka Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Ananda Eka. 2011. Penerapan Manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Kata kunci: Perencanaan Laboratorium Multimedia, pengorganisasian Laboratorium Multimedia, pengawasan Laboratorium Multimedia, pengevaluasian Laboratorium Multimedia.

Tersedianya fasilitas Laboratorium Multimedia merupakan hal yang dapat menunjang dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, tetapi hal ini tidak menjamin proses pembelajaran Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang menjadi efektif. Perlu didukung dengan penerapan manajemen Laboratorium Multimedia yang baik dan cermat. Penerapan manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang dalam  proses pembelajaran dapat memberikan kemudahan bagi Siswa Kelas X, XI, XII Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak untuk menyerap materi pelajaran, memotivasi siswa dalam belajar, dan dapat mengefektifkan upaya pencapaian tujuan pengajaran, guru juga harus dapat memanfaatkan Laboratorium Multimedia secara maksimal karena pada dasarnya proses pembelajaran tidak terlepas dari interaksi siswa dengan media.

Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang. Sesuai dengan fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan mengungkap tentang manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang dengan menggunakan rancangan penelitian Studi Kasus, oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan secara mendalam sehingga mendapat suatu temuan

Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci yaitu memerankan dirinya secara aktif dalam keseluruhan proses studi. Sumber data dalam penelitian ini Wakil Kepala Sekolah Manajemen Mutu dan SDM, Kepala Bagian Sarana dan Prasarana, guru RPL Kelas X, XI, XII, Laboran Laboratorium Multimedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, verifikasi data. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan.

Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang, (2) pengorganisasian manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang, (3) pengawasan manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang, dan (4) pengevaluasian manajemen Laboratorium Multimedia di SMK Negeri 6 Malang.

Temuan penelitian yang diperoleh yaitu: (1) perencanaan manajemen laboratorium multimedia yaitu luas laboratorium, fasilitas sarana dan prasarana laboratorium, tata ruang komputer dan peralatan lainya, (2) pengorganisasian manajemen laboratorium multimedia yaitu alur pengajuan sarana dan prasarana ke sekolah, struktur organisasi laboratorium multimedia, syarat peminjaman dan alur proses peminjaman, (3) pengawasan manajemen laboratorium multimedia yaitu pemberian kode pada setiap alat di laboratorium multimedia, tata tertib dan prosedur pemakaian alat, perawatan dan perbaikan sarana prasarana laboratorium, (4) evaluasi setiap akhir semester dengan dihadiri laboran dan tim guru RPL.

Dari temuan penelitian disarankan bagi siswa SMK Negeri 6 Malang, fasilitas yang terdapat di dalam laboratorium multimedia merupakan media pendidikan yang mendukung proses pembelajaran siswa program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Malang, siswa diharapkan turut menjaga serta merawat fasilitas laboratorium tersebut dengan kesadaran masing-masing individu sehingga fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, bagi pihak sekolah, peneliti harapkan penelitian ini dijadikan bahan referensi dan pertimbangan bagi Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Malang dalam menambah sumber ilmu dan pengetahuan terkait dengan manajemen laboratorium multimedia di SMK Negeri 6 Malang, bagi laboran laboratorium multimedia, dengan dipaparkanya hasil temuan data dan pembahasannya diharapkan dapat dimanfaatkan khususnya bagi laboran di Laboratorium Multimedia SMK Negeri 6 Malang sebagai acuan dalam mengelola manajemen laboratorium multimedia, sehingga tepat sasaran sebagaimana yang diharapkan dan lebih meningkatkan pemanfaatan manajemen laboratorium multimedia, dan bagi peneliti yang hendak mengembangkan penelitian yang serupa dengan penelitian ini diharapkan menyesuaikan antara rujukan yang sesuai dengan karakter masing-masing sekolah yang akan diteliti sehingga tepat sasaran dan penelitian tersebut dapat berguna bagi sekolah yang diteliti ataupun sekolah-sekolah yang mempunyi kesamaan karakter dengan sekolah yang menjadi obyek penelitian.