SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Direct Instruction Dibandingkan dengan Quantum Teaching Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Program Pengolah Database pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Malang

Ameliza Di Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Di Apriliana, Ameliza. 2011. Pengaruh Penerapan Model Direct Instruction Dibandingkan dengan Quantum Teaching Berbantuan Media Interaktif  Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Program Pengolah Database pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M. T, (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T. (Pembimbing II)

 

Kata kunci: Direct intruction, Quantum Teaching, Media Interaktif, hasil belajar

 

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran  sangat diperlukan guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Proses pembelajaran yang meriah dengan segala nuansanya, menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar yang berfokus pada hubungan yang dinamis dalam lingkungan kelas, interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk berfikir.

Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.  Model pembelajaran Quantum Teaching dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan segala nuansanya, demokrasi, penanaman konsep yang diperoleh dari hasil  penyelidikan, penyimpulan serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, membangkitkan minat dan partisipasi, serta meningkatkan  pemahaman materi. Sedangkan penggunaan media interaktif adalah sebagai bantuan untuk siswa agar lebih mudah menyerap apa yang diajarkan oleh guru. Media yang interaktif mampu menarik keinginan siswa untuk belajar secara lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Menerapkan apa yang ada di media dan mengembangkannya sesuai dengan apa yang telah dipelajari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol serta untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar menggunakan program pengolah database siswa kelompok eksperimen.

Rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen semu. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP, lembar angket, lembar afektif, lembar observasi praktek siswa, dan tes tulis. Uji hipotesis menggunakan uji t dan regresi linear sederhana.

Hasil uji t menghasilkan nilai Sig (p) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar TIK antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai Sig (p) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model Quantum Teaching berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar menggunakan program pengolah database pada kelompok eksperimen yang pengaruhnya dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y = 443,30 + 0,441 X.