SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MICROSOFT EXCEL AKIBAT PENGARUH PENERAPAN MODEL BELAJAR PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE PROBING PROMPTING DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWANG

MOH RAMZUL HAQ

Abstrak


ABSTRAK

 

Haq, M.Ramzul. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Microsoft Excel Akibat Pengaruh Penerapan Model Belajar Penemuan Terbimbing Menggunakan Metode Probing Prompting Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lawang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sujono,M.T(II) Ahmad Fahmi, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci:   Model pembelajaran, PenemuanTerbimbing, Probing Prompting, Hasil Belajar.

 

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untukmenciptakan proses belajar yang aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang masihdilakukan merupakan pembelajaran konvensional dan materiyang diulang-ulangmembuatsiswamerasabosandantidaktermotivasidalambelajar. Untukmengatasimasalah di atasdiperlukan model pembelajaran yang tepatdaninovatif.Model pembelajaran PenemuanTerbimbing (PT) menggunakanmetode Probing Pompting (PP)merupakan model pembelajaranyang diawali dengan skenario model pembelajaranPT yang dilakukan selangkah demi selangkah. Model pembelajaran PP dengan skenariopembelajaranmemberikan soal-soal yang bertujuan untuk merangsang siswa berfikir dan menggali sendiri pengetahuan mengenai materi yang diajarkan.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaanhasilbelajarsiswaakibatpengaruhpenerapanmodel pembelajaran PT menggunakanmetode PPdengan metodediskusikelompokpadakompetensidasarmengolahdokumendenganpengolahangkamenggunakan formula, sertauntukmengetahui besarnya sumbanganketerlaksanaan model pembelajaranPT menggunakanmetode PPterhadap hasilbelajarsiswapada kelas eksperimen.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu, sampel yang digunakanadalah dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Lawang, kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranPT menggunakanmetode PP sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan metodediskusikelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 17.

Hasil penelitian rata-rata nilai hasilbelajar siswa pada kelas eksperimen adalah 90.31 dan pada kelas kontrol adalah 80, nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan meggunakan Uji-t,dari Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung15.648> ttabel 1.99,kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaranPT menggunakanmetode PPdengan yang siswa yang diajar menggunakan metodediskusikelompok,sedangkan untuksumbanganpengaruhpenerapanmodel pembelajaran PT menggunakanmetode PP terhadap hasil belajar siswa SMAN1 Lawang, diperolehkesimpulanbahwaterdapatkenaikanhasilbelajarsebesar 4.459 satuanakibatkenaikan 1 satuanskor model pembelajaran.