SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH COOPERATIVE LEARNING MODEL TUTORIAL SEBAYA (PEER TUTORING) BERBANTUAN POPULAR SOCIAL NETWORK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRODUKTIF RPL KELAS X SMK N 5 MALANG

Tysna Riadena Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Tysna Riadena. 2011. Pengaruh Cooperative Learning Model Tutorial Sebaya (Peer Tutoring) Berbantuan Popular Social Network Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif RPL Kelas X SMK N 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom, (II) Drs. Slamet Wibawanto, M.T.

 

Kata Kunci: cooperative learning, tutorial sebaya, prestasi belajar, popular social network

Model pembelajaran Tutorial Sebaya berbantuan popular social network (Facebook) adalah model pembelajaran yang meminta siswa untuk saling membantu dalam proses belajar kelompok di kelas, sehingga siswa yang yang belum paham akan terbantu oleh siswa yang sudah paham yang disebut tutor sebaya dan melalui popular social network siswa akan tetap aktif belajar di luar jam formal, siswa juga bisa langsung berinteraksi dengan teman atau gurunya, dalam mengkonsultasikan ketidakpahaman pada suatu materi, yaitu dengan membuat Facebook group.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan cooperative learning model Tutorial Sebaya (Peer Tutoring) berbantuan popular social network serta untuk mengetahui pengaruh cooperative learning model Tutorial Sebaya (Peer Tutoring) berbantuan popular social network terhadap prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X RPL 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X RPL 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan yaitu silabus, RPP, modul, kisi-kisi soal beserta soal dan kunci jawaban, serta instrumen pengukuran tes tulis, angket dan lembar observasi keterlaksanan aktivitas guru dan siswa.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model Tutorial Sebaya berbantuan popular social network bisa dikatagorikan berjalan dengan sangat baik, dengan merujuk pada data observasi aktivitas guru yang mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 85%. rata-rata nilai prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 80 dan pada kelas kontrol adalah 72, dari hasil perhitungan uji-t diperoleh hasil yaitu nilai Sig(0,000)menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai prestasi belajar siswa yang diajar pembelajaran kooperatif model Tutorial Sebaya berbantuan popular social network dengan yang siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna, sedangkan hasil analisis regresi hasil perhitungan dari variabel independent yaitu keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif model Tutorial Sebaya berbantuan popular social network dan variabel dependent yaitu prestasi belajar siswa terdapat sumbangan sebesar 12,6 %, hasil perhitungan uji regresi diperoleh hasil yaitu nilai Sig(0,036)pengaruh positif yang signifikan dari hasil keterlaksanaan cooperative learning model Tutorial Sebaya berbantuan popular social network terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Produktif RPL Kelas X SMK N 5 Malang.