SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Efektifitas Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa TKJ Kelas X di SMK Negeri Kota Malang

Ana Mufida

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufida, Ana. 2011. Hubungan antara Efektifitas Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa TKJ Kelas X di SMK Negeri Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T., (II) M. Rodhi Faiz, S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: efektifitas pembelajaran, kebiasaan belajar, prestasi belajar

Salah satu jurusan atau program keahlian yang saat ini diminati adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Keberhasilan efektifitas pembelajaran merupakan hal utama yang diharapkan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Sebagai pendidik, guru harus membimbing siswa untuk memperbaiki kebiasaan belajar agar mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap gambaran objektif tentang: (1) Hubungan antara efektifitas pembelajaran (X1) dengan prestasi belajar (Y), (2) Hubungan kebiasaan belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y), dan (3) Hubungan antara efektifitas pembelajaran (X1) dan kebiasaan belajar (X2) secara simultan dengan prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran produktif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri kota Malang. Desain penelitian menggunakan metode expost facto korelasional. Teknik sampling yang dipakai adalah proporsional random sampling dengan responden 210 siswa.

Analisis diperoleh dengan menggunakan teknik regresi linear ganda, yaitu untuk mengetahui besarnya hubungan (X1) dan (X2) dengan (Y). Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17. Hasil penelitian ini: (1) X1 dalam kategori sedang yaitu sebanyak sebanyak 176 responden (83,81%); (2) X2 dalam kategori sedang yaitu 186 responden (88,57%); (3) Y dalam kategori tinggi sebanyak 210 responden (100%). Nilai koefisien korelasi parsial antara X1 dengan Y yaitu rx1y sebesar 0,473; nilai koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y yaitu rx2y sebesar 0,533; besarnya nilai koefisien korelasi ganda 2 prediktor antara X1 dan X2 dengan Y yaitu R sebesar 0,718 dan nilai Fhitung sebesar 110,299. Sumbangan prediktor atau koefisien determinasi sebesar = R2 diperoleh hasil sebesar 0,516 (51,6%).

Kesimpulan penelitian ini: (1) X1 berada dalam kategori sedang, (2) X2,berada dalam kategori sedang, dan Y cenderung berada dalam kategori tinggi (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y pada mata pelajaran produktif siswa TKJ kelas X di SMKN kota Malang (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y pada mata pelajaran produktif siswa TKJ kelas X di SMKN kota Malang.