SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMAN 4 MALANG

Arief Rahman Yusuf

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman Yusuf, Arief. 2011. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran TIK di SMAN  4 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I, M. Kom, (II) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: E-learning, Evaluasi, Moodle, Pembelajaran.

Berdasarkan  hasil  observasi dan  wawancara  pada saat melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)  di  SMAN 4 Malang,  kurangnya alat evaluasi pembelajaran yang bervariasi dari guru  mata  pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), menyebabkan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya cara untuk membangkitkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran serta daya ingat siswa dengan memberikan soal yang bervariasi. Berkaiatan dengan itu, maka diperlukan media pendukung yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang ada yaitu mengembangkan alat evaluasi berbasis e-learning dengan memanfaatkan Moodle. Pengembangan ini menggunakan rancangan pengembangan (research  and development) yang bertujuan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran. Pengembangan alat evaluasi berbasis Moodle menggunakan model Sadiman. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan metode angket. Hasil uji coba produk dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: (1) Ahli media, (2) Ahli materi, dan (3) Siswa Kelas X SMAN 4 Malang.

Hasil validasi alat evaluasi berbasis e-learning yang dikembangkan sebagai berikut: (1)  Hasil analisis data ahli media menunjukkan sebesar 90%, dapat disimpulkan bahwa  alat evaluasi layak  digunakan untuk  media evaluasi pembelajaran.  (2) Hasil analisis data angket ahli materi menunjukkan sebesar 93%, dapat disimpulkan bahwa materi dalam alat evaluasi ini  layak untuk digunakan untuk siswa pada saat pembelajaran. (3) Hasil analisis data dalam uji coba lapangan menunjukkan sebesar 78%, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbasis e-learning ini layak digunakan sebagai media alat evaluasi pembelajaran untuk  siswa.  Manfaat hasil pengembangan alat evaluasi terhadap kemudahan siswa didasarkan pada hasil uji coba yaitu dengan melihat persentase  item pertanyaan yang terdapat dalam angket siswa, yaitu: (1) Media alat evaluasi dapat membantu pembelajaran materi hasil rata-rata persentase dengan 79,5 % media ini sudah masuk dalam kriteria baik. (2) Kemudahan pemakaian alat evaluasi dapat dilihat  hasil rata-rata persentase 77, 5 % dan media alat evaluasi ini sudah termasuk dalam kriteria baik. (3) Memberikan pengalaman baru dapat dilihat hasil rata-rata persentase dengan 75,5 % dan media ini sudah termasuk kriteria cukup.