SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGOPERASIKAN SOFTWARE WEB DESIGN PADA SISWA KELAS X SMKN 1 BANGIL

BYAN PURBAPRANIDHANA DWI MAULUD

Abstrak


ABSTRAK

 

PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGOPERASIKAN SOFTWARE WEB DESIGN PADA SISWA KELAS X SMKN 1 BANGIL

 

Pembelajaran secara klasikal yang selama ini masih dilakukan oleh guru adalah metode ceramah. Namun harus diakui bahwa pembelajaran dengan metode ceramah tidak selamanya berjalan dengan baik. Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu siswa saling berbicara sendiri dan tidak menghiraukan guru pada saat proses pembelajaran. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu e-learning. Salah satu bentuk implementasi e-learning adalah menggunakan perangkat komputer dilengkapi dengan sarana jaringan secara internet maupun intranet dalam bentuk pembelajaran berbasis web atau web based learning.  SMKN 1 Bangil merupakan salah satu sekolah kejuruan yang memiliki fasilitas belajar dengan dukungan infrastruktur jaringan intranet maupun internet.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh pengembang dengan guru mata pelajaran, pencapaian prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif masih belum memenuhi target. Untuk meningkatkan prestasi tersebut, maka guru perlu menarik perhatian siswa untuk belajar. Dengan adanya aplikasi e-learning berbasis web yang memuat materi dengan kombinasi teks, gambar, video, forum, chat yang dapat diakses kapan saja maka siswa dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Model pengembangan aplikasi ini mengadaptasi dari model pengembangan dari Dick & Carey, Borg & Garl dan model Luther. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan ini adalah lembar kuesioner dan soal tes. Lembar kuesioner diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan kelompok kecil. Sedangkan soal tes diberikan melalui pre test dan post test kepada siswa kelas X sebanyak 2 kelas dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lainya sebagai kelas kontrol.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi 90% dan memenuhi kriteria valid, oleh ahli media 87,5% dan memenuhi kriteria valid, serta validasi kelompok kecil 89,5% dan memenuhi kriteri valid. Sedangkan untuk hasil tes menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan aplikasi e-learning berbasis web dengan persentase 20% menjadi 86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-learning berbasis web dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.