SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Alternatif Berbasis Website Pada Pokok Bahasan Tata Surya Untuk Siswa SMP Kelas IX

Ruli Yulestian

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulestian, Ruli. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Alternatif Berbasis Website Pada Pokok Bahasan Tata Surya Untuk Siswa SMP Kelas IX, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi, C.P., M.Pd., M.T., (II) Muhammad Ashar, S.T, M.T.

 

Kata Kunci : Sumber Belajar, Tata Surya, Peta Konsep

Sumber belajar alternatif berbasis website ini adalah sebuah media pembelajaran yang digunakan sebagai suplemen dalam belajar materi tata surya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas IX yang menggunakan model belajar peta konsep disajikan secara online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Tujuan pengembangan sumber belajar alternatif berbasis website ini adalah: (1) untuk membuat sumber belajar alternatif berbasis website, (2) mengemas materi tata surya ke dalam sumber belajar alternatif berbasis website, (3) publikasi sumber belajar alternatif berbasis website di internet, dan (4) penerapan sumber belajar alternatif berbasis website sebagai suplemen pembelajaran pokok bahasan tata surya. Dengan adanya sumber belajar alternatif berbasis website yang menggunakan model belajar peta konsep ini, diharapkan pembelajaran pada materi tata surya khususnya akan berjalan lebih efektif, efisien dan menarik untuk dipelajari siswa.

Tahap pengembangan sumber belajar alternatif berbasis website ini terdiri dari 5 tahap yaitu:(1) menetapkan mata pelajaran, (2) mengidentifikasi kurikulum, (3) merumuskan langkah- langkah pengembangan, (4) pengembangan sumber belajar alternatif berbasis website, (5) uji coba dan revisi produk. Sumber belajar alternatif berbasis website ini mempunyai beberapa komponen menu yang di dalamnya terdapat modul yang berisi materi teks dan gambar berbentuk file pdf, animasi simulasi tata surya berbentuk flash, video proses gerhana bulan berbentuk flv, menu forum, menu chating, menu tugas, dan menu ujian online.

Pengambilan data validasi sumber belajar alternatif berbasis website ini  dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media, ahli materi dan siswa. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: hasi validasi produk dari ahli media menyatakan produk ini layak dengan persentase 93%; hasil validasi produk dari ahli materi menyatakan produk ini layak dengan persentase 93,8%; dan hasil validitas dari uji lapangan mendapatkan hasil kriteria cukup layak dengan persentase 85,6%. Dengan demikian sumber belajar ini memenuhi kriteria valid tidak perlu melakukan revisi berarti sumber belajar alternatif berbasis website pada materi tata surya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas IX ini layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran materi tata surya.