SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI PERANGKAT WAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PACKET TRACER PADA SMK PGRI WLINGI-BLITAR

Joko Purwono Aloysius

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwono, Joko. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web pada Standard Kompetensi Melakukan Instalasi Perangkat WAN menggunakan Software Packet Tracer pada SMK PGRI Wlingi-Blitar. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Sujito, S.T., M.T.

 

Kata kunci: sumber belajar, web, melakukan instalasi perangkat WAN, packet tracer.

Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Perangkat WAN merupakan Standard Kompetensi yang harus diberikan di tingkat XI SMK khususnya peserta didik jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan di SMK PGRI Wlingi Blitar, kendala yang terjadi dalam pembelajaran pada standar kompetensi tersebut adalah perangkat praktek terbatas jumlahnya. Sehingga penggunaan perangkat praktek harus bergantian, sehingga proses pembelajaran kurang maksimal. Solusi yang dapat dilakukan adalah proses praktek dapat disiasati dengan menggunakan software simulasi jaringan yang akan dikembangkan ke dalam sumber belajar beserta langkah-langkah penggunaannya.

Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan sumber belajar berbasis web menggunakan Moodle yang pemanfaatannya dapat diakses saat pembelajaran di kelas maupun di luar jam pelajaran melalui koneksi internet.

Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari pengembangan Sadiman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi dan audiens. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan  diambil dari peserta didik SMK PGRI Wlingi khususnya peserta didik kelas XI TKJ.

Hasil uji kelayakan sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 86.25%, dari ahli materi mendapat persentase 84.3%, dan dari responden kelompok kecil 83,3% serta responden lapangan 88.7%. Berdasarkan hasil tersebut, sumber belajar berbasis web pada materi Melakukan Instalasi Perangkat WAN dapat disimpulkan  layak digunakan.