SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Prasarana internet Dalam Pembelajaran TIK Pada Siswa SLTP Negeri Di Kota Pasuruan

RISKI ARDIANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardiani, Riski. 2011. Pemanfaatan Prasarana internet Dalam Pembelajaran TIK Pada Siswa SLTP Negeri Di Kota Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Tri Atmadji S., M.Pd., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T.

 

Kata Kunci: pemanfaatan, prasarana internet, pembelajaran

Pemanfaatan internet dalam pembelajaran dapat ditunjukkan dengan adanya sarana dan prasarana yang menunjang baik di dalam dan di luar sekolah. Adanya laboratorium internet sekolah, fasilitas umum yang menyediakan jasa internet (warnet), serta fasilitas layanan internet yang tersedia di rumah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru dan siswa. Dengan demikian guru dan siswa memiliki banyak kesempatan untuk memanfaatkan internet sebagai sarana pembelajaran di sekolah yang merupakan fenomena baru dalam memecahkan masalah belajar. Hal ini dapat menjadi solusi yang terjadi selama ini, seperti keterbatasan tenaga, jarak, letak geografis, dan waktu belajar yang terbatas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kelengkapan fasilitas dan kelengkapan ruang akses internet yang ada pada SLTP Negeri di Kota Pasuruan, seberapa jauh pemanfaatan akses internet yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran TIK di dalam dan di luar sekolah, serta apa saja kendala yang dirasakan dari pemanfaatan akses internet dengan bantuan SPSS for Windows release 17. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional random sampling yang terdiri dari 341 orang siswa dan 17 orang guru. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui kondisi variabel yang akan diteliti dan perbandingan skor tiap variabel.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi fasilitas akses internet pada SLTP negeri di Kota Pasuruan belum memenuhi kebutuhan pembelajaran TIK (2) kondisi dan kelengkapan ruang akses internet belum sesuai dengan aturan yang ditetapkan, diataranya: kondisi fisik serta ukuran bangunan perlu dilakukan pembenahan atau renovasi, terdapat beberapa sekolah yang daya listrik yang ada belum sesuai dengan kebutuhan, serta ditemukan pula beberapa kelengkapan ruang laboratorium komputer/ruang akses internet seperti: printer dalam kondisi rusak, AC yang belum ada atau tidak dapat digunakan karena daya listriknya kurang, belum tersedia LCD proyektor, scanner, serta peralatan multimedia dan audio. (3) kecenderungan pemanfaatan akses internet di sekolah pada tiap SLTP negeri di Kota Pasuruan oleh siswa tergolong dalam kriteria sedang, sedangkan pemanfaatan internet oleh guru dalam kriteria tinggi. (4) penggunaan internet di luar sekolah lebih sering dilakukan oleh siswa dari pada guru. (5) kendala dalam pemanfaatan internet pada SLTP Negeri di Kota Pasuruan adalah keterbatasan waktu akses internet di sekolah untuk siswa.