SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR JARAK JAUH BERBASIS WEB PADA MATERI DESAIN WEBSITE UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

AKHMAD ANDIK SAPUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, A. Andik. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Jarak Jauh Berbasis Web Pada Materi Desain Website Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Heru Wahyu H, S.T., M.Kom, Pembimbing 2. Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan sumber belajar, desain website, penmbelajaran jarak jauh, Wordpress.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, kebutuhan terhadap desain web meningkat dan memberikan peluang untuk membuka usaha dalam bidang web desainer. Pada Sekolah Menengah Kejuruan, salah satu materi yang diajarkan adalah desain website. Tetapi karena keterbatasan waktu, penyampaian materi tidak dapat disampaikan secara utuh. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sumber belajar yang bisa diakses tanpa adanya keterbatasan tempat, ruang dan waktu sehingga siswa dapat belajar lebih mandiri dan utuh. Oleh sebab itu diperlukan aplikasi yang mendukung terciptanya sumber belajar tersebut. Moodle adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran berbasis web, sehingga dapat dilakukan pembelajaran mandiri oleh siswa kapan dan dimanapun berada. Dengan adanya sumber belajar berbasis web ini diharapkan pembelajaran pada materi desain website khususnya akan berjalan lebih efektif, efisien dan menarik untuk dipelajari siswa.

 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Arif Sadiman yang menitikberatkan pada masalah media, produk dari sumber belajar berbasis web ini menggunakan software Moodle. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (uji coba lapangan) diambil dari peserta didik SMK Arrahmah Papar.

Hasil uji kelayakan sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 82,8%, dari ahli materi mendapat persentase 86,84%, dari responden (siswa kelompok kecil) 89.17% dan dari responden (siswa kelompok besar) 87.67%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar pendidikan jarak jauh berbasis web pada materi desain website untuk siswa kelas XI SMK dapat disimpulkan valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar jarak jauh.