SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 5 MALANG

Lisa Paramitha Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Lisa Paramitha. 2011. Studi Tentang Kualitas Pembelajaran Mata Diklat  Produktif Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Di  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Malang. Skirpsi, Jurusan  Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Didik Dwi  Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata kunci: Studi, Kualitas Pembelajaran, Mata Diklat Produktif, Rekayasa  Perangkat Lunak.

Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan jurusan baru di SMK Negeri 5 Malang yang terdapat mata diklat produktif yang memegang peranan penting dalam tujuan pembelajaran pendidikan kejuruan sehingga nantinya dapat menyiapkan peserta didik untuk siap menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tenaga pengajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,  dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada mata diklat produktif kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat  Lunak di SMK Negeri 5 Malang. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus observasional. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Subjek pada penelitian ini adalah kepala kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, guru mata  diklat produktif kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, dan siswa kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.  Prosedur pengumpulan data meliputi (1) wawancara; (2) observasi dan pengamatan; dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh  melalui prosedur tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya pada tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, penganalisisan data dan penarikan kesimpul-an diperoleh temuan-temuan, sebagai berikut:(1) kualitas tenaga pengajar mata diklat produktif kompetensi keahlian RPL di SMK Negeri Malang adalah baik,  terbukti dari penilaian atasan, teman sejawat, dan diri sendiri yang menyatakan bahwa guru mata diklat produktif kompetensi keahlian RPL  di SMK Negeri 5 Malang telah memiliki klasifikasi akademik yang sudah sesuai dengan tanggung jawabnya, memiliki kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.; (2) kualitas perencanaan pembelajaran mata diklat produktif kompetensi keahlian RPL di SMK Negeri 5 Malang dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis ber-dasarkan pada silabus dan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang telah ditetapkan.; (3) kualitas pelaksanaan pembelajaran mata diklat produktif  kompetensi keahlian RPL di SMK Negeri 5 Malang dikatakan baik dan dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru.; (4) kualitas evaluasi pembelajaran mata diklat produktif kompetensi keahlian RPL di SMK Negeri 5 Malang sudah baik, karena  guru telah mengevaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.