SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber belajar Mandiri Membangun Server Internet Basis Mikrotik Sebagai Suplemen Pada Mata Pelajaran Produktif untuk Kelas XI Jurusan TKJ Sekolah Menengah Kejuruan

Muhammad Jauhan Nasirin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan  Sumber  belajar Mandiri Membangun  Server  Internet Basis Mikrotik Sebagai Suplemen Pada Mata Pelajaran Produktif untuk  Kelas  XI  Jurusan  TKJ  Sekolah  Menengah  Kejuruan

 

Kurikulum SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan salah satu  materi yang disajikan adalah membuat  sever, sistem operasi yang biasa digunakan adalah Redhat dan Debian, yang mana apabila membuat sebuah server menggunakan kedua sintem operasi tersebut hardware yang digunakan harus mempunyai spesifikasi  tinggi,  selain  itu  siswa juga dituntut faham dan hafal sintak atau perintah-perintah yang begitu banyak dan rumit. Karena  itu  untuk  mengatasi  kesulitan  siswa  dalam  membuat  sebuah  server Internet, penulis mengembangkan  sumber  belajar mandiri  yang  bisa  diakses  dari mana  saja  dan kapan  saja  yakni  berupa  sumber  belajar  berbasis  web.  Dalam  pengembangan  sumber belajar mandiri ini penulis mencoba menggunakan Sistem Operasi Mikrotik yang mudah pengkonfigurasianya  dan  tidak memerlukan  Spesifikasi  Hardware yang  tinggi  sebagai alternatif siswa dalam membuat sebuah server.

Tujuan pengembangan sumber belajar adalah tersedianya sumber belajar mandiri berbasis web Membangun server Internet untuk Suplemen pada mata pelajaran Produktif  untuk siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Sumber  belajar  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  pengembangan. Pengembangan  dilaksanakan  dengan  terlebih  dahulu  melakukan  kegiatan  validasi. Instrumen  pengumpulan  data menggunakan  angket  pada  uji  coba  perseorangan (ahli media dan ahli materi), responden/siswa kelompok kecil dan responden/siswa kelompok besar  (ujicoba  lapangan). Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari ahli media, ahli materi dan responden/siswa menggunakan teknik prosentase.

Berdasarkan uji  coba/ validasi  sumber belajar mandiri yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut  : ahli media 79,6%, ahli materi 92,9%,  responden/siswa kelompok kecil  90,8%  dan  responden/siswa kelompok  besar  (lapangan)  88,3%. Dengan  demikian dapat disimpulkan bahwa  sumber  belajar  yang dikembangkan  sudah memenuhi  kriteria layak  dan  secara  keseluruhan  dinyatakan  baik  serta  dapat  diujicobakan  lebih  luas  agar nantinya bisa digunakan dalam pembelajaran.

Saran  demi  kesempurnaan  sumber  belajar  mandiri adalah  sebagai  berikut (1)  Sumber  belajar  dapat  dilaksanakan  secara  mandiri,  namun  kegiatan  tatap  muka langsung  masih  diperlukan.  (2)  Memanfaatkan  sumber  belajar  ini  perlu  disediakan perangkat komputer yang memadai dalam sebuah sistem jaringan dan akses hotspot untuk siswa yang memiliki laptop sendiri (3) Sumber belajar ini juga dapat dikembangkan pada mahasiswa maupun siswa SMA dan SMP