SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI PEMBUATAN DESAIN BANNER SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Eko Mulyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyanto, Eko. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Pembuatan Desain Banner Sebagai Media Promosi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom, Pembimbing 2. Drs. Hari Putranto.

 

Kata Kunci : Pengembangan sumber belajar, desain banner, pembelajaran jarak jauh, web.

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat telah membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia. Salah satu bentuk perkembangan teknologi dan informasi seperti komputer, internet, televisi dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi, masyarakat cukup menggunakan teknologi dan informasi yang telah tersedia. Perkembangan teknologi web dan internet turut mendorong berkembangnya konsep Pendidikan Jarak Jauh. Ciri teknologi internet yang selalu dapat diakses kapan saja, dimana saja, multi user serta menawarkan segala kemudahannya telah menjadikan internet suatu media yang sangat tepat bagi perkembangan pendidikan jarak jauh. Bidang multimedia merupakan salah satu bidang perkembangan teknologi dan informasi. Pada bidang ini banyak mendapatkan perhatian di dunia usaha dan dunia industri karena bidang ini memiliki seni yang mempunyai nilai dan karakter yang dapat menghasilkan nilai ekonomi di bidang multimedia. Banner merupakan salah satu karya di bidang multimedia. Dimana kebutuhan penggunaan banner di dunia usaha/dunia industri semakin meluas, yakni sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang produk atau pesan kepada konsumen.

Produk sumber belajar berbasis web ini menggunakan software Moodle. Pengembangan sumber belajar desain banner berbasis web ini bertujuan untuk memberikan alternatif sumber belajar tentang materi desain banner bagi masyarakat yang lebih suka belajar secara mandiri menggunakan Moodle. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman (2009). Prosedur pengembangan meliputi: 1) identifikasi kebutuhan, 2) perumusan tujuan, 3) perumusan butir-butir materi, 4) perumusan alat pengukur keberhasilan, 5) penulisan naskah, 6) produksi, 7) test/ujicoba, dan 8) revisi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan audiens. Sampel uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan diambil dari anggota Karang Taruna RW VII Janti Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun dan dan Karang Taruna RW VIII Janti Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun.

Hasil validasi sumber belajar dari ahli media mendapat persentase 93,75%, dari ahli materi mendapat persentase 92,74%, dan dari audiens 86,83%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sumber belajar berbasis web untuk pembelajaran jarak jauh pada materi desain banner sebagai media promosi dapat disimpulkan valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar jarak jauh.