SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Uji Kompetensi dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang

Rizfadli Rizfadli

Abstrak


ABSTRAK

 

Hubungan Antara Uji Kompetensi dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang

 

Minat berwirausaha merupakan kemampuan, kecenderungan atau ketertarikan untuk mengelola sesuatu yang ada dalam diri untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga ide-ide yang dimiliki untuk melakukan usaha dengan karakteristik kepribadian yang berani mengambil resiko, dapat menerima tantangan, percaya diri, mempunyai kekuatan usaha, kreatif dan inovatif serta mempunyai ketrampilan untuk meningkatkan taraf hidup dimasa yang akan datang dimana dengan menyatunya kompetensi dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa akan semakin meningkatkan percaya diri siswa dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam berwirausaha.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi kerja dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 12 Malang, (2) hubungan motivasi belajar dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 12 Malang, (3) hubungan antara kompetensi kerja dan motivasi belajar dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 12  Malang.

Penelitian ini termasuk expost facto yang bersifat korelasional. Analisis  korelasional menggunakan analisis korelasi  parsial dan analisis korelasi ganda, dengan bantuan SPSS for Windows release 17. Variabel dalam penelitian ini meliputi, variabel bebas adalah kompetensi kerja(X1) dan motivasi belajar (X2), sedangkan variabel terikat adalah minat berwirausaha (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar dokumentasi dan angket. Untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang menunjukkan bahwa uji kompetensi siswa dalam kriteria sangat baik dan menyatakan bahwa motivasi belajar siswa dalam kriteria baik, Sedangkan minat berwirausaha siswa menunjukkan dalam kriteria baik. Uji kompetensi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang dengan memberi kontribusi sebesar 18,7%. Motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang dengan kontribusi yang diberikan sebesar 18,1%. Uji kompetensi dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan secara simultan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 12 Malang dengan memerikan kontribusi sebesar 36,8% sedangkan 63,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.