SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Materi Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang

Venty Yulita Fajarwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajarwati, Venty Yulita. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Materi Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom., (II) Muhammad Ashar, S.T., M.T.

 

Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, mobile learning.

Perangkat handphone merupakan salah satu perangkat komunikasi yang semakin dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Namun pemanfaatan perangkat handphone masih sebatas untuk komunikasi serta hiburan. Mobile learning merupakan pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi yaitu teknologi handphone, yang dimanfaatkan sebagai sarana didalam penyampaian materi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. SMP Negeri 3 Malang merupakan institusi pendidikan yang telah memanfaatkan mobile learning sebagai sarana evaluasi pembelajaran. Belum adanya pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai sarana pembelajaran siswa secara mandiri pada matapelajaran TIK. Media pembelajaran berbasis mobile learning akan menjadi alternatif siswa didalam memanfaatkan perangkat handphone sebagai sarana belajar setiap saat.

Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Dick and Carey (2005). Uji coba kelayakan media pembelajaran dengan menyebarkan instrumen berupa angket yang ditujukan kepada ahli media (1 orang), ahli materi (2 orang) dan siswa yang terbagi perorangan, kelompok kecil serta uji lapangan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini berupa penilaian media pembelajaran berbasis mobile learning oleh para validator yaitu ahli media, ahli materi dan siswa. Sedangkan data kualitatif  berupa tanggapan yang diberikan oleh validator yang berupa kritik dan saran tentang media pembelajaran berbasis mobile learning.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, didapatkan persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 91,67%, hasil validasi oleh ahli materi sebesar 96,67%, hasil validasi uji perseorangan kategori siswa sebesar 83,89%, hasil validasi uji kelompok kecil sebesar 82,17% dan hasil validasi uji lapangan sebesar  85,93%. Menurut pedoman kriteria persentase tingkat kelayakan media, maka media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Malang sudah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.

Media pembelajaran berbasis mobile learning ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat handphone yang memiliki Flash Lite Player 2.0 ke atas. Diharapkan pengembang produk selanjutnya dapat mengatasi keragaman platform pada handphone. Sehingga diharapkan semua siswa-siswi dapat menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan maksimal.