SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS E-LEARNING MENGOPRASIKAN SOFTWARE PENGOLAH ANGKA UNTUK SUPLEMEN MATA PELAJARAN TIK

roni nurindah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurindah, Roni. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis E-Learning Mengoprasikan Software Pengolah Angka Untuk Suplemen Mata Pelajaran TIK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T., (II) Sujito, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Sumber Belajar, E-Learning, Belajar Mandiri.

Belajar mandiri tidak berarti belajar sendiri. Hal terpenting dalam proses belajar mandiri adalah peningkatan kemauan dan keterampilan siswa/peserta didik dalam proses belajar tanpa bantuan orang lain, sehingga pada akhirnya siswa/peserta didik tidak tergantung pada guru/instruktur, pembimbing, teman, atau orang lain dalam belajar. Dalam belajar mandiri siswa/peserta didik akan berusaha sendiri dahulu untuk memahami isi pelajaran yang dibaca atau dilihatnya melalui media audio visual, kalau mendapat kesulitan baru bertanya atau mendiskusikannya dengan teman, guru/instruktur atau orang lain. Siswa/peserta didik yang mandiri akan mampu mencari sumber belajar yang dibutuhkannya. Salah satu solusi yang bisa membantu siswa dalam belajar mandiri adalah menggunakan pembelajaran berbasis e-learning.

Perangkat lunak pengolah angka salah satunya yaitu microsoft excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling popular yang digunakan untuk mengolah data secara otomatis  meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Tidak dipungkiri kalau microsoft excel dianggap susah oleh sebagian siswa terutama saat menghadapi fungsi-fungsi bawaan microsoft excel baik fungsi logika, text, tanggal, matematika, statistik, dan fungsi lainnya. Materi ini memerlukan media yang dapat mendukung keterampilan siswa dalam suatu kompetensi.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman yang terdiri dari: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan butir-butir materi, perumusan alat keberhasilan, penulisan naskah uji coba, Tes Uji coba, revisi sumber belajar, sumber belajar siap dimanfaatkan. Sumber belajar yang dihasilkan memiliki beberapa fasilitas antara lain: modul berupa teks berbentuk Portable Document Format (PDF), ilustrasi gambar/foto, audio-video, forum, chat,kuis dan latihan atau penugasan. Sumber belajar ini dapat diakses melalui internet dan modul yang ada di dalamnya dapat di-download secara langsung, akan tetapi juga bisa digunakan untuk pembelajaran dikelas

Pengambilan data validasi sumber belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media, ahli materi dan siswa/audiens. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut: ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 89,1%, ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 93,8%, uji coba perorangan menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 89,2% dan kelompok kecil menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 92,7%.

Harapan penulis dalam penulisan skripsi ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi suplemen untuk pembelajaran Mandiri, pokok bahasan  Pengolah Angka Microsoft Office 2007