SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Jenis Tutorial Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Grafis Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Lawang

nenen virgin

Abstrak


ABSTRAK

 

Virgin, Nenen. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Jenis Tutorial Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Grafis Untuk Siswa Kelas XII SMA Negeri 01 Lawang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, S.T, M.T., (II) M. Ashar, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci: Tutorial, Multimedia, Media Pembelajaran , Desain Grafis

Salah satu kompetensi yang diajarkan dalam pembelajaran TIK kelas XII di SMAN 01 Lawang  yaitu materi desain grafis. Desain grafis adalah salah satu materi yang mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh bagi siswa.  Atas dasar permasalahan tersebut pengembang tertarik dalam membuat suatu media yang cocok dan menarik untuk mata pelajaran desain grafis. Kompetensi yang harus dikuasi pada materi ini sangat banyak sekali maka dari itu dibutuhkan adanya penyampain materi yang baik agar siswa dapat menguasai materi desain grafis secara menyeluruh.

Salah satu media pembelajaran yang dapat menunjang hal tersebut adalah media pembelajaran multimedia jenis tutorial, dengan ini siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri terhadap materi desain grafis,karena kedudukan media pembelajaran multimedia jenis tutorial sebagai suplemen maka media juga dapat mempemudah pekerjaan guru dalam membimbing materi desain grafis karena guru tidak perlu mengulang pengajaran apabila ada siswa yang kurang memahami, siswa dapat mempelajari sendiri setiap materi dengan media pembelajaran interaktif tersebut.

Pengembangan media pembelajaran multimedia jenis tutorial ini menggunakan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono (2008). Alasan digunakan model pengembangan Sugiyono dikarenakan model ini telah mencakup keseluruhan hal yang berkaitan dengan pengembangan untuk menghasilkan produk serta cenderung sederhana dan lengkap sehingga pengembang diberi kemungkinan untuk lebih leluasa dalam merancang dan membangun sebuah media pembelajaran multimedia jenis tutorial.

Media pembelajaran multimedia jenis tutorial ini telah melalui uji validasi untuk mengukur tingkat kualitas media.  Hasil validasi dari ahli media memperoleh tingkat kelayakan sebesar 88% sedangkan  ahli materi sebesar 96% sehingga untuk uji validasi media dan materi dinyatakan media layak pakai . untuk Hasil uji coba kelompok kecil oleh 3 audiens sebesar 89% dan hasil uji coba lapangan oleh 20 audiens sebesar 77% sehingga dinyatakan media layak untuk digunakan .

Dari hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia jenis tutorial secara keseluruhan dapat dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi Untuk penggunaan produk secara lebih luas perlu diperhatikan karakteristik siswa dan sekolahnya. Untuk pengembangan produk lebih lanjut disarankan mengembangkan media pembelajaran multimedia jenis tutorial yang bersifat online.