SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Metode Pembelajaran Classroom Blogging Dengan Metode Cermah Bermakna Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kompetensi Dasar Pengenalan Video Kelas X SMAN 5 Malang

Amanda Rehana Ayudha Tirtani

Abstrak


ABSTRAK

Tirtani, Amanda Rehana Ayudha. 2011. Perbedaan Metode Pembelajaran Classroom Blogging Dengan Metode Cermah Bermakna Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kompetensi Dasar Pengenalan Video Kelas X SMAN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T (II) Sujito, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci:   Metode pembelajaran, Classroom Blogging, Ceramah Bermakna, Hasil Belajar

 

Metode Pembelajaran Classroom Blogging merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan media berbasis blog pada proses belajar mengajarnya. Blog digunakan sebagai media penyampaian materi dari guru ke siswa. Dan juga guru tersebut dapat memberikan tugas ke siswa melalui blog guru tersebut. Siswa juga menyerahkan tugas yang diberikan guru ke blog masing – masing siswa tersebut. Kemudian guru bisa menilai pekerjaan siswanya dengan membuka masing – masing blog siswa.Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran Classroom Blogging dengan metode ceramah bermakna terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pengenalan video. Penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol serta mengetahui besarnya pengaruh keterlaksanaan metode pembelajaran Classroom Blogging terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu, sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol di SMAN 5 Malang, kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Classroom Blogging sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian pada rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 86 dan pada kelas kontrol adalah 79. Nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan meggunakan Uji-t, Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari Uji-t diperoleh hasil yaitu thitung 12,17 > ttabel 1,99. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Classroom Blogging dengan yang siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bermakna. Hasil analisis regresi hasil perhitungan dari variabel independent yaitu keterlaksanaan metode pembelajaran Classroom Blogging dan variabel dependent yaitu hasil belajar siswa terdapat sumbangan sebesar 12%. Kesimpulan dari hipotesis adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil keterlaksanaan metode pembelajaran Classroom Blogging terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Malang.