SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan Tahun 2007 dalam Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Semester Ganjil di SMK se-Kota Malang

Khotimatul Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Khotimatul. 2011. Studi Tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan Tahun 2007 dalam Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Semester Ganjil di SMK se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M. Kom, (II) Didik Dwi P., S.T, M.T.

 

Kata kunci: studi, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik ,Praktik Pengalaman Lapangan Keguruan.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) keguruan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa bidang kependidikan. Dalam kegiatan PPL keguruan, mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi dasar keguruan, diantaranya adalah kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Dalam praktiknya masih ada beberapa guru PPL yang belum memiliki kompetensi tersebut, sehingga perlu dilakukan pemetaan kompetensi keguruan dalam mengikuti kegiatan PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL keguruan di SMK se-Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif persentase, yang mendeskripsikan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika (PTI) angkatan 2007 dalam kegiatan PPL keguruan. Objek penelitian adalah populasi mahasiswa S1 PTI yang melakukan kegiatan PPL keguruan di SMK se-kota Malang yang berjumlah 38 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru PPL. Instrumen penelitian berupa angket yang diisi oleh guru pamong dan siswa.

Hasil penelitian ini adalah: (1) kompetensi profesional guru PPL berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 49,18%, (2) kompetensi pedagogik berdasarkan penilaian sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 52,99%, (3) kompetensi profesional berdasarkan penilaian sebagian besar guru pamong berada pada kategori tinggi sebesar 36,8%, (4) kompetensi pedagogik berdasarkan penilaian sebagian besar guru pamong berada pada kategori tinggi sebesar 31,58% dan sangat tinggi sebesar 31,58%. Untuk meningkatkan kompetensi dasar keguruan dalam mengikuti kegiatan PPL, hendaknya guru PPL dan lembaga pendidikan keguruan meningkatkan kesiapan dalam mengikuti kegiatan PPL keguruan dengan meningkatkan intensitas kegiatan micro teaching.