SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN ANTARA METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

dian ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari : (1) mendeskripsikan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2) mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas eksperimen, (3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran langsung pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek. Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui signifikansi perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah uji-t. ttabel yang digunakan dengan α = 5% dan df = 38 + 38 - 2 = 74 adalah 1,960 (digunakan df ∞ karena angka 74 tidak terdapat pada tabel t).Dari hasil analisa uji beda prestasi belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol diketahui thitung >ttabel (2,082>1,960) dan nilai signifikansi (p)