SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok dengan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Kombinasi Picture And Picture pada Pelajaran Produktif Multimedia Kelas X SMK Negeri 12 Malang

Lilik Emi Rahayu

Abstrak


Dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini, siswa diharapkan tidak lagi pasif hanya menerima saja pengetahuan melalui penjelasan guru melainkan berusaha menggali dan mencari tahu sendiri pengetahuan yang dibutuhkannya. Guru berperan sebagai mediator, fasilitator dan informator yang mengawasi dan membimbing murid-muridnya dalam mempelajari pengetahuan tersebut. Namun adakalanya pembelajaran berlangsung kaku dan tidak menarik sehingga menimbulkan rasa malas dan jenuh bagi siswa yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya menurun seperti yang terjadi di SMK Negeri 12 Malang. Untuk mengatasi permasalahan di atas, dalam penelitian ini diterapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament yang dikombinasikan dengan Picture and Picture dan metode pembelajaran diskusi kelompok. Diskusi kelompok adalah metode yang sering diterapkan di SMK Negeri 12 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Diskusi Kelompok dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kombinasi Picture and Picture pada pelajaran Produktif Multimedia. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 12 Malang tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas X MM 2 (41 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM 3 (42 siswa) sebagai kelas kontrol.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif. Analisis statistik kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan 2 rata-rata awal dan uji hipotesis menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung (4,150) > ttabel(1,989). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai kombinasi Picture And Picture pada pelajaran Produktif Multimedia di kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 12 Malang.